Penyebab dan Gejala Bronchitis Atau Paru Paru Basah

Penyebab Dan Gejala Bronchitis atau Paru Paru Basah

 

penyakit paru paru, bronchitis

bronchitis

Bronchitis akut  atau yang dikenal juga dengan Paru-paru Basah merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika saluran bronchial dalam paru-paru terendam dengan air. Saluran bronchial ini kemudian akan membengkak dan memproduksi lendir, yang menyebabkan timbulnya batuk-batuk.

Penyakit ini sering timbul setelah adanya infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), seperti pilek. Sebagian besar gejala bronchitis akut seperti sakit di dada, sesak napas, dll biasanya bertahan hingga 2 minggu, namun batuknya bisa terus bertahan hingga 8 minggu pada kasus tertentu.

Bronchitis kronis bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dan biasanya menyerang para perokok. Orang yang menderita bronchitis biasanya akan terus batuk berdahak selama 3 bulan tiap tahunnya, selama 2 tahun berturut-turut. Jika Anda atau keluarga Anda pernah didiagnosa dengan penyakit ini, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis untuk diperiksa lebih lanjut.

 

Penyebab Bronchitis atau Paru Paru Basah

 

Jenis infeksi paru-paru lainnya yang harus diketahui oleh para prang tua adalah Bronchiolitis. Bayi bisa diserang penyakit bronchiolitis (infeksi yang disebabkan oleh virus) yang bisa menghalangi saluran pernapasannya sehingga perlu dirawat.
Penyebab Bronchitis

   
-Beberapa jenis virus, diantaranya: Respiratory Syncytial Virus (RSV), Adenovirus, Influenza dan Parainfluenza
   
-Bakteri, pada kasus yang jarang ditemui
   
-Polutan (bahan kimia yang terkandung dalam udara)
  

 

 

Gejala Bronchitis Atau Paru Paru Basah
Tanda-tanda dan Gejala Bronchitis

   
-Batuk berdahak (pada hari-hari pertama mungkin batuk kering)
   
-Rasa sakit di dada
   
-Rasa lelah
   
-Sakit kepala ringan
   
-Sakit-sakit pada badan
   
-Demam
   
-Mata berair
   
-Sakit tenggorokan

-Seringnya menderita infeksi pada saluran pernafasan

-Terjadinya pembengkakan pada kaki, wajah, telapak tangan, pipi tampak kemerahan, sakit kepala, dan juga terjadinya gangguan penglihatan

 

Periksakan ke Dokter jika Anak Anda Memiliki:

   
-Panas tinggi
   
-Demam dan batuk dengan dahak yang sangat kental atau bahkan mengandung darah
   
-Masalah kronis pada jantung atau paru-parunya
   
-Sesak napas, atau napasnya pendek-pendek
   
-Gejala-gejala bronchitis di atas lebih dari 3 minggu
   
-Selalu terjangkit bronchitis/bronchiolitis

 

Pencegahan Untuk Bronchitis atau Paru Paru basah

penyakit paru paru, bronchitis

bronchitis


    
 Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu pencegahan yang dapat dilakukan. Sedangkan untuk mencegah bronkitis kronik adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok juga menghindari asap rokok agar tidak menjadi perokok pasif yang sangat berbahaya.
   
Pengobatan Herbal Untuk Bronchitis
Berbagai tumbuhan tersebut memiliki efek anti-peradangan (anti-inflamasi), antibiotik, anti-bakterial, meredakan batuk, dan lainnya. Beberapa jenis tumbuhan obat yang bisa digunakan untuk pengobatan bronkhitis antara lain:

   
-Sambiloto
   
Sambiloto memiliki efek farmakologis seperti anti-radang, menurunkan panas, menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan bengkak, dan penawar racun (anti-toksik).
   

-Pegagan
   
Efek farmakologis dari pegagan yakni anti-infeksi, anti-bakterial, penurunan panas, penenang, peluruh kemih, membesihkan darah, dan lainnya.
   

-Bawang putih
   
Bawang Putih memiliki efek farmakologis seperti efek hangat, sebagai antibiotik, antioksidan, melancarkan peredaran darah, menstimulasi sistem imu, dan lainnya.
   

-Sirih
   
Sirih memiliki efek farmakologis seperti menimbulkan rasa hangat, pedas, berkhasiat menghentikan batuk, mengurangi peradangan, menghilangkan gatal, dan lain-lain.
   

-Kulit Jeruk mandarin
   
Efek farmakologis dari kulit jeruk mandarin seperti pedas dan hangat. Khasiat dari kulit Jeruk Mandarin ialah anti-asma, peluruh dahak, anti-peradangan, dan lainnya.
   

-Jahe
   
Efek farmakologis Jahe ialah antibiotik, peluruh dahak, anti-radang, melancarkan sirkulasi darah, dan lainnya.
   

-Daun Saga
   
Efek farmakologis Daun Saga ialah penyejuk pada kulit dan selaput lendir serta anti-batuk.
Penyakit bronkhitis memang “derajat” bahayanya masih lebih rendah dibandingkan penyakit-penyakit berbahaya lain seperti jantung, kanker, dan lainnya. Namun, jika tidak segera ditangani, bukan mustahil akan membahayakan.

Bronkhitis memang termasuk penyakit ringan tetapi, jika diderita oleh penderita penyakit lain yang bersifat tahunanseperti jantung maupun paru-paru sifatnya akan membahayakan.

%d bloggers like this: