Penyebab Dan Gejala Glukosuria

Penyebab Dan Gejala Glukosuria

 

Glikosuria Renalis (Glukosuria) adalah suatu keadaan dimana gula (glukosa dibuang ke dalam air kemih, meskipun kadar gula di dalam darah adalah normal atau rendah.

Glikosuria, glukosuria adalah ekskresi glukosa ke dalam urin. Seharusnya air seni tidak mengandung glukosa, karena ginjal akan menyerap glukosa hasil filtrasi kembali ke dalam sirkulasi darah. Hampir dapat dipastikan bahwa penyebab glikosuria adalah simtoma hiperglisemia yang tidak mendapatkan perawatan dengan baik, walaupun gangguan instrinsik pada ginjal kadang-kadang juga dapat menginduksi glikosuria. Simtoma ini disebut glikosuria renal dan sangat jarang terjadi.

Glukosuria adalah penyakit ginjal yang berupa adanya Glukosa (gula) di dalam urine. Penyakit ini juga bisa disebut diabetes melitus.Penyakit ini biasanya menyerang manusia di usia lanjut disebabkan oleh kadar gula terlalu banyak sehingga menimbulkan kencing manis.

Glikosuria akan menyebabkan dehidrasi karena air akan terekskresi dalam jumlah banyak ke dalam air seni melalui proses yang disebut diuresis osmosis.

Penyebab Penyakit Glukosuria

Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah. Pada saat disaring oleh ginjal, glukosa dibuang bersamaan dengan zat-zat lainnya. Cairan yang telah disaring ini melewati jaringan tubulus di dalam ginjal, dimana zat-zat yang diperlukan (termasuk glukosa) diserap kembali dan zat-zat yang tidak diperlukan dibuang ke dalam air kemih. Pada orang yang sehat, glukosa diserap kembali seluruhnya ke dalam darah.

Dalam keadaan normal, tubuh membuang glukosa ke dalam air kemih hanya jika terlalu banyak glukosa dalam darah. Pada glikosuria renalis, glukosa dibuang ke dalam air kemih meskipun kadar glukosa dalam darah adalah normal. Hal ini terjadi karena adanya kelainan fungsi pada tubulus renalis. Glikosuria bisa merupakan penyakit keturunan.

Penyebab Glukosuria adalah:

  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula
  • Kurang mengkonsumsi garam

Gejala Penyakit Glukosuria

Sebenarnya Glukosuria tidak menimbulkan gejala atau efek yan serius. Adapun Gejala yang ditimbulkan penyakitglukosuria ini adalah:

  • Sering haus
  • Banyak mengeluarkan air seni
  • Kadar glukosa darah pada waktu puasa lebih dari 120 mg/dlKadar glukosa darah dua jam sesudah makan lebih dari 200 mg/dl.

 

Diagnosa Penyakit Glukosuria
Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan air kemih rutin, dimana di dalam air kemih ditemukan glukosa meskipun kadar glukosa dalam darah adalah normal.

penyakit ginjal, glukosuria

glukosuria

Pengobatan Untuk Penyakit Glukosuria
Glikosuria renalis tidak memerlukan pengobatan, meskipun kadang berkembang menjadi diabetes.

Cara Mengatasi Glukosuria adalah:

  • Mengurangi makanan yang mengandung gula yang kadarnya tinggi
  • Mengkonsumsi buah-buahan
  • Obat-obatan yang fungsinya untuk memacu pengeluaran inslin, dan juga meningkatan sensifitas insulin.

 

yang dicari :

%d bloggers like this: