Penyebab Dan Gejala Kanker Kelenjar Adrenal

Penyebab dan Gejala Kanker Kelenjar Adrenal

penyakit kanker, penyebab dan gejala kanker kelenjar adrenal

kanker kelenjar adrenal

Kanker kelenjar adrenal adalah penyakit sangat langka yang mempengaruhi 1 atau 2 orang dalam populasi satu juta.

Kelenjar adrenal merupakan kelenjar berbentuk segitiga dan terletak di atas setiap ginjal.

Kelenjar ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian luar yang dikenal sebagai korteks adrenal, dan bagian dalam yang disebut medula adrenal.

Kedua bagian tersebut memproduksi beberapa hormon yang memainkan peran penting dalam aktivitas metabolik serta respon fisik dan mental terhadap stres.

Ketika sel-sel di kelenjar ini berkembang tak terkendali, kondisi ini bisa menghasilkan tumor.

Tumor tersebut dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Tumor jinak bukan merupakan kanker karena tidak menyebar ke bagian lain, sedangkan tumor ganas adalah kanker dan bisa mempengaruhi bagian tubuh lain.
Jenis Kanker Adrenal

Berikut adalah jenis-jenis kanker kelenjar adrenal:
1. Adrenocortical carsinoma

Ini adalah jenis paling umum kanker adrenal yang berkembang di wilayah korteks kelenjar adrenal.

Kanker ini terutama ditemukan pada orang dewasa, sebagian besar pada usia 40-an.
2. Pheochromocytoma

Ini merupakan penyakit langka yang dimulai di medula adrenal, terutama dalam sel-sel yang menghasilkan epinefrin dan norepinefrin.
Kanker ini terutama ditemukan pada orang dewasa di usia 30-an hingga 40-an tahun.
3. Neuroblastoma

Kanker ini berkembang di daerah medula kelenjar adrenal, terutama dalam sel-sel saraf yang belum berkembang.

Neuroblastoma umum terjadi pada anak-anak dan bayi dengan gejala sakit perut dan tulang.

 

Penyebab Kanker Adrenal
Saat ini, faktor-faktor penyebab kanker adrenal yang tepat masih tidak begitu jelas, tetapi faktor lainnya yang juga reevan antara lainnya sebagai berikut :

   
TBC pada jaringan adrenal : setelah tuberkulosis atau TBC pada adrenal terkendali dengan baik, maka disfungsi adrenal kronis yang disebabkan oleh penyakit akan berkurang.
   

Gangguan autoimun : penyakit autoimun mendadak yang disebabkan oleh atrofi korteks adrenal ini dianggap penyebab kanker yang paling umum.
   

Tumor ganas di bagian tubuh lainnya yang mengalami metastasis pada kelenjar adrenal : persentasinya kanker adrenal 26% -50%, kanker pencernaan, kanker paru, kanker payudara, kanker tiroid, melanoma, dll.

 

penyakit kanker, penyebab dan gejala kanker adrenal

kanker adrenal

Gejala Kanker Adrenal

Perubahan pada fungsi endokrin dapat disebabkan oleh tumor ataupun korteks adrenal. Perubahan tersebut dapat mengacak system metabolisme atau bahjan menjadi sebuah tumor yang baru, apabila tidak mengacak system metabolisme maka  dapat dikaterogikan sebagai sebuah kelainan non-tumor.

Aldosteron terutama disebabkan oleh kortikal adenoma. Kategori pertama antara lain tekanan darah tinggi. Kategori kedua antara lain kelemahan otot atau kelumpuhan, paresthesia. Kategori ketiga adalah gejala poliuria, nokturia, dan  minum air yang lebih banyak .

Kortisol penyakit yang disebabkan oleh hiperplasia adrenal atau tumor gejalanya antara lain wajah yang berbentuk sangat bulat (moon face), bagian  tubuh atas yang menggemuk (buffalo hump), obesitas sentral, tangan dan kaki tetap kurus, kelelahan, lemas, pegal linu, nyeri pinggang, hipertensi,  hirsutisme, rambut rontok, jerawat, disfungsi seksual, tidak menstruasi (amenorea) atau menstruasi yang semakin berkurang.

Gangguan gonad disebabkan oleh tumor adrenokortikal, dibagi menjadi alat kelamin yang membesar bahkan sebelum waktunya, pada wanita terjadi pseudohermafroditisme dan juga wanita menjadi semakin maskulin.

Perubahan sel pheochromocytoma gejala utamanya antara lain tekanan darah tinggi (hipertensi) dan metabolisme yang berantakan. Pada waktu paroxysmal kambuh akan diiringi dengan jantung yang sering mendadak berdebar-debar, sesak napas, sakit kepala, berkeringat, gugup, kaki tangan yang dingin dan  gemetaran.

Beberapa gejala lainnya termasuk demam, berat badan yang naik dan turun, munculnya jerawat berlebihan, tekanan darah tinggi, dan lain lain.

yang dicari :

  • gejala medula adrenal