Penyebab Dan Gejala Kanker Non Hodgkin

Penyebab dan Gejala Kanker Non Hodgkin

 

penyakit kanker, kanker non hodgkin

kanker non hodgkin

Non-Hodgkin juga disebut non-Hodgkin limfoma, adalah kanker yang berasal dalam sistem limfatik. Penyakit ini dalah penyakit yang menyerang seluruh jaringan sel darah putih di dalam tubuh anda.

Ini merupakan penyakit yang menyerang seluruh jaringan sel darah putih di dalam tubuh Anda. Penyebab non-hodgkin belum jelas. Sebab non-hodgkin terjadi ketika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak normal limfosit – tipe sel darah putih.

Dalam tubuh manusia biasanya limfosit mati dan akan diganti yang baru melalu siklus yang terjadi secara alami di dalam tubuh. Dalam kasus penyakit ini limfosit malah terus tumbuh dan membelah. Ini juga yang menyebabkan kelebihan pasokan limfosit ke dalam kelenjar getah bening, yang akhirnya membengkak.

Non-Hodgkin lymphoma adalah kanker yang berasal dari sistem limfatik, salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berperan penting  melawan infeksi dan sejumlah penyakit. Pada non-Hodgkin lymphoma tumor terbentuk dari limfosit, salah satu jenis sel darah putih. Non-Hodgkin lymphoma lebih umum daripada penyakit lymphoma lainnya seperti Hodgkin lymphoma.
Penyebab Kanker Non Hodgkin

Tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan non-Hodgkin lymphoma. Kondisi ini terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak limfosit yang tidak normal. Normalnya limfosit  memiliki siklus yang umum terjadi, yaitu sel tua mati dan tubuh memproduksi pengganti sel tersebut. Tetapi pada kondisi non-Hodgkin lymphoma sel ini tidak mati, melainkan terus tumbuh dan membelah. Kelebihan lymphocyte mengacaukan kelenjar limpa dan menyebabkannya bengkak.
– Sel B dan sel T

Ada dua jenis limfosit. Penyakit non-Hodgkins lymphoma biasanya terjadi pada salah satunya.

•    Sel B. Sel B melawan infeksi dengan menghasilkan antibodi yang menetralisir benda atau zat asing. Kebanyakan non-Hodgkin lymphoma terjadi dari sel B ini.

•    Sel T. Sel T adalah sel yang membunuh benda atau zat asing secara langsung.

Dimana non-Hodgkin lymphoma terjadi

Non-Hodgkin lymphoma umumnya terjadi karena adanya lymphocyte yang bersifat kanker pada kelenjar limpa, tetapi kondisi ini dapat juga menyebar ke bagian lain dari sistem lymphatic. Termasuk pembuluh lymphatic, amandel, adenoid, limpa, timus dan sumsum tulang. Kadang-kadang kondisi ini juga terjadi pada organ diluar sistem lymphatic.

 

Faktor risiko Kanker Non Hodgkin
Faktor risiko yang mungkin terjadi pada non-Hodgkin lymphoma antara lain :
•    Pengobatan yang menekan sistem imun tubuh
•    Infeksi virus dan bakteri tertentu, misalnya HIV, hepatitis C dan Epstein-Barr. Atau bakteri Helicobacter
•    Zat kimia tertentu, misalnya pestisida
•    Berusia 60 tahun ke atas

 

Gejala Kanker Non Hodgkin
Tanda atau gejala non-Hodgkin meliputi:
* Pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak atau selangkangan
* Perut sakit atau bengkak
* Nyeri dada, batuk atau kesulitan bernapas
* Kelelahan
* Demam
* Keringat pada malam hari
* Kehilangan berat badan secara drastis

 
Perawatan dan Pencegahan Kanker Non Hodgkin
Ada dua alternatif cara pengobatan yang dilihat dari pertumbuhan sel kanker pada limfosit. Bila pertumbuhan sel kanker tidak agresif biasanya dokter hanya akan menganjurkan pemeriksaan rutin, tetapi bila sel kanker pada limfosit agresif, dokter akan mengadakan serangkaian pengobatan untuk membunuh sel kankernya seperti kemoterapi dan terapi radiasi.