Penyebab Dan Gejala Kanker tyroid

Penyebab Dan Gejala Kanker Tyroid

penyakit kanker, kanker tyroid

kanker tyroid

Tiroid Anda adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher, tepat di atas tulang selangka Anda. Itu membuat hormon yang membantu tubuh bekerja secara normal. Siapapun bisa mendapatkan kanker kelenjar tiroid. Tapi faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko.

Kanker tiroid dapat terjadi dalam setiap kelompok umur, meskipun yang paling umum setelah usia 30 dan agresivitas yang meningkat secara signifikan pada pasien yang lebih tua. Sebagian besar pasien hadir dengan nodul tiroid pada mereka yang biasanya tidak menimbulkan gejala. Ingat, lebih dari 99% dari nodul tiroid tidak kanker! Tapi, ketika kanker tiroid tidak mulai tumbuh dalam kelenjar tiroid, hampir selalu melakukannya dalam diskrit nodul di dalam tiroid.

Kelenjar tiroid terletak pada aspek anterior (depan) dari leher. Ini dapat dirasakan tepat di bawah kartilago tiroid, atau “jakun”. Ini adalah organ berbentuk kupu-kupu yang melintasi garis tengah leher tepat di bawah apel Adam, dengan “sayap” menyebarkan superior (arah kepala) di kedua sisi apel Adam. Ini “sayap” disebut lobus tiroid, dengan bagian memperluas seluruh garis tengah disebut tanah genting.

Sebagai kelenjar endokrin, kelenjar tiroid memproduksi dan mengeluarkan hormon tiroid ke dalam aliran darah. Kanker tiroid berkembang pada tiroid Anda, kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di dasar leher, tepat di bawah apel Anda Adam. Meskipun kelenjar tiroid Anda kecil, menghasilkan hormon yang mengatur setiap aspek metabolisme Anda, dari detak jantung Anda dengan seberapa cepat Anda membakar kalori.

 

Penyebab Kanker Tiroid
Kebanyakan kasus terjadi antara 25 dan 65 tahun, dan usia saat diagnosis adalah salah satu faktor paling penting dalam meramalkan prognosis. Pria di bawah 40 dan wanita di bawah 50 memiliki tingkat lebih rendah kekambuhan dan tingkat kelangsungan hidup lebih baik dari orang tua.

 

penyakit kanker, kanker tyroid

kanker tyroid

Gejala Kanker Tiroid
-Benjolan di leher depan

Tepat di bawah jakun, jika ada benjolan di sana, Anda sebaiknya siaga. Sebab terkadang benjolan yang merupakan gejala awal timbulnya kanker tiroid bisa tumbuh perlahan atau cepat sekali.
-Sulit berbicara

Jika penyakit bergerak ke jaringan di sekitarnya, seperti pita suara, biasanya penderita akan mengalami kesulitan bicara dan suaranya berubah serak.
-Kelenjar getah bening

Penderita kanker tiroid juga merasakan pembesaran pada kelenjar getah bening yang ada dileher. Dengan sentuhan lembut, pembesaran tersebut bisa dirasakan.
-Sulit menelan

Selain sulit berbicara, benjolan di tiroid juga menekan kerongkongan, sehingga penderita merasa kesulitan saat menelan makanan.
-Sulit bernapas

Dalam beberapa kasus, benjolan bahkan bisa menyempitkan tenggorokan, sehingga pasien kanker tiroid juga kesulitan dalam bernapas.
-Nyeri leher

Karena adanya benjolan dan tekanan terhadap saraf di sekitar leher, bagian tersebut terkadang terasa nyeri. Bahkan nyeri tersebut bisa menyebar sampai ke telinga

 

 

yang dicari :

%d bloggers like this: