Penyebab Dan Gejala Kanker Usus 12 Jari

Penyebab Dan Gejala Kanker Usus 12 Jari

 

penyakit kanker, penyebab dan gejala kanker usus 12 jari

kanker usus 12 jari

kanker usus 12 jari dapat dikatakan sebagai tumor primer, atau tumor yang disebabkan adanya metastase ke organ sekunder yang berdekatan seperti perut, saluran empedu, kanker pankreas. Berdasarkan posisi patogenesis yang berbeda, kanker usus 12 jari dapat dibagi menjadi: adenocarcinoma duodenum, carcinoids duodenum, leiomyosarcoma duodenum, dan limfoma ganas duodenum, diantaranya duodenum adenokarsinoma lebih sering ditemui.

 
Macam – macam Kanker Usus 12 Jari
Limfoma ganas duodenum: asal tumor ganas dari jaringan limfoid di duodenum, adanya penyerangan terus menerus ke limfoma sampai ke dinding usus,sehingga terjadinya perubahan patologis.
Duodenum adenokarsinoma: adenokarsinoma yang berasal dari mukosa usus 12 jari sebagian besar tunggal, dan karena keganasan adenokarsinoma
Karsinoid duodenum: berasal dari sel tumor ganas Enterochromaffin yang ada di usus., umumnya tumor yang tumbuh lebih kecil, sebagian besar tunggal atau ganda, tetapi seiring pertumbuhan invasi tumor dapat menimbulkan karakteristik infiltrasi tumor ganas
– Leiomyosarcoma duodenum: berasal dari mukosa duodenum muskularis propria muskularis atau duodenum atau tumor usus muskularis dinding pembuluh darah.

 

Penyebab Kanker USus 12 Jari
 
Penyebab kanker usus duabelas jari tidak jelas. Namun, sekresi empedu dan cairan pankreas yang mengandung zat tertentu, seperti lithocholic asam empedu sekunder mungkin menjadi faktor karsinogenik. Polip turunan, Tumor jinak epitel seperti adenoma vili dan penyakit lain mungkin berhubungan dengan kejadian kanker usus duabelas jari. Studi lain menunjukan bahwa, Ulkus usus duabelas jari atau divertikulum faktor ganas dan genetik memiliki hubungan tertentu dengan kanker usus duabelas jari.

 

Gejala – gejala kanker usus 12 jari
Bagian atas perut pasien terasa tidak nyaman, saat makanan masuk terasa sakit atau nyeri dan terkadang rasa nyeri sampai ke bagian belakang.
Muncul pendarahan kronis atau intermitten pada saluran pencernaan pasien, seperti okultisme tinja dan melena.
Demam
-Ketika tumor tumbuh dan mengalami invasi ke jaringan lainnnya, sebagian pasien kuadaran kanan terasa ada benjolan.
Nyeri: dimanifestasikan sebagai ketidak nyamanan epigastrium atau pegal, setelah makan tidak mengurangi rasa sakit, dan terkadang terasa hingga ke punggung.
Anoreksia, mual, muntah: seperti gastrointestinal gejala non-spesifik, kejadian kanker usus duabelas jari, 30% -40%. Seperti muntah, sebagian besar karena tumor secara bertahap meningkat dibagian usus, sehingga menyebabkan obstruksi usus duabelas jari yang disebabkan oleh sebagian atau keseluruhan.
-Anemia, perdarahan: Gejala yang paling umum, kehilangan darah pendarahan kronis, seperti darah tinja okultisme, tinja berwarna hitam.
Penyakit kuning: Karena tumor menghambat ampula sehingga menyebabkan penyakit kuning, tumor semacam ini yang menyebabkan sakit kuning biasanya merupakan tumor yang telah nekrosis, lepas, tidak stabil. Ketika ada darah samar pada feses maka penyakit kuning itu akan semakin ringan, selain itu penyakit kuning juga seringkali menyebabkan nyeri perut.
Penurunan berat badan: penurunan berat badan adalah gejala yang paling umum, tetapi pengobatan yang progresif menunjukan pengobatan yang tidak efektif.

Massa: ketika tumor tumbuh dan menyebar kedaerah disekitarnya, pasien bisa merasakan adanya massa di bagian kanan atas perut.

   
Mudah mengalami sakit perut, karena sel-sel yang ada didalam perut sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan, dan banyak diantara penderita Kanker Usus tidak menyadari kalau dirinya telah terkena penyakit Kanker Usus. Oleh karena itu deteksi dini penyakit Kanker Usus sangat diperlukan.
   

penyakit kanker, penyebab dan gejala kanker usus 12 jari

kanker usus12 jari

Seringnya pendarahan di dalam usus, bisa dilihat ketika penderita Kanker Usus sedang buang air besar (BAB) di tunjukkan warna dari kotoran yang berbeda, pada umumnya sering mengandung darah.
   

Seringnya terjadi mencret dan terjadi sembelit yang terjadi dalam waktu yang lama, ini disebabkan penyakit kanker sudah mulai berkembang menjalar.
 
   
Sering merasa ingin buang air besar, padalah sudah dilakukan berulang-ulang.
   

Terjadinya penurunan stamina yang drastis, badan sering mudah lelah. Padahal tidak melakukan apa-apa.
   

Sering susah buang angin, padahal perut sudah kembung akibat udara dalam usus dan perut penuh.

%d bloggers like this: