Penyebab Dan Gejala karsinoma Sel Basal

Penyebab Dan Gejala Karsinoma Sel Basal Atau Basal Cell Carcinoma (BCC)

penyakit kanker, karsinoma sel basal

karsinoma sel basal

Karsinoma sel basal adalah bentuk paling umum kanker kulit dan menyumbang lebih dari 90% dari semua jenis kanker kulit di Amerika Serikat. Mereka bisa, bagaimanapun, dapat menyebabkan kerusakan kulit dengan tumbuh dan menyerang jaringan sekitarnya.

Karsinoma Sel Basal adalah suatu penyakit kulit yang ditandai dengan benjolan yang berbatas jelas, berwarna merah, biasanya berukuran beberapa milimeter sampai sentimeter, yang mungkin bisa berdarah kalau memburuk. Ini adalah jenis kanker kulit yang paling umum dan lebih sering terlihat pada individu yang berkulit terang dan pria, dengan resiko yang semakin bertambah seiring dengan pertambahan usia. Karsinoma sel basal umumnya muncul pada daerah kulit yang sering terpapar oleh matahari, seperti wajah dan badan, dan jarang di tempat lain. Meskipun dianggap sebagai suatu pertumbuhan yang ganas, penyakit ini jarang menyebar kebagian tubuh lainnya atau menyebabkan kematian. Namun, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan apabila tidak dirawat. Apabila telah teridentifikasi sejak dini, maka prognosisnya sangat baik dengan jaminan ada kesempatan untuk bertahan hidup. Komplikasi umumnya terjadi apabila tidak dirawat, dan akibatnya adalah penyebaran karsinoma kebagian tubuh lainnya, seperti kelenjar getah bening.

 

Faktor Penyebab Karsinoma Sel Basal (BCC)

Krim pemutih, paparan sinar matahari, dan usia merupakan faktor-faktor penting penyebab karsinoma sel basal. Orang yang memiliki kulit dan lebih tua memiliki tingkat lebih tinggi dari karsinoma sel basal. Sekitar 20% dari kanker kulit, kebanyakan terjadi di daerah yang tidak terkena sinar matahari, seperti dada, punggung, lengan, kaki, dan kulit kepala.
Wajah, bagaimanapun, tetap menjadi lokasi yang paling umum untuk Basal Cell Carcinoma. Melemahnya sistem kekebalan tubuh, baik oleh penyakit atau obat-obatan, juga dapat mempromosikan risiko terkena karsinoma sel basal. Faktor risiko lain termasuk:
*) Sengatan Sinar Matahari

Menurut US National Institutes of Health radiasi, (UV) ultraviolet dari matahari adalah penyebab utama kanker kulit. Risiko penyebab kanker kulit juga dipengaruhi oleh lingkungan. Orang yang tinggal di daerah yang menerima radiasi tingkat tinggi UV dari matahari lebih mungkin untuk terjangkit kanker kulit. Di Amerika Serikat, misalnya, kanker kulit lebih sering terjadi di Texas daripada di Minnesota, di mana matahari tidak begitu kuat. Di seluruh dunia, tingkat tertinggi kanker kulit yang ditemukan di Afrika Selatan dan Australia, yang merupakan daerah yang sangat tropis dan panas.
*) Usia

Sebagian besar kanker kulit muncul setelah usia 50, tapi efek karena sering terkena sengatan matahari bisa menyebabkan resiko lebih dini. Oleh karena itu, perlindungan harus mulai di masa kecil untuk mencegah kanker kulit di kemudian hari.
*) Terapi Radiasi

Seperti yang banyak dilakukan oleh orang kulit putih, ada banyak cara untuk terapi radiasi, salah satunya ialah berjemur di tengah terik matahari.
Faktor Risiko terjangkit Karsinoma Sel Basal

Resiko terjangkit karsinoma sel basal apabila:

   
-Adalah keturunan Kaukasia
   

-Adalah seorang laki-laki
   

-Bertambah tua
   

-Memiliki mata berwarna biru
   

-Memiliki mata berwarna hijau
   

-Memiliki resiko lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi medis ini karena mutasi genetik turunan (predisposisi genetis)
   

-Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
   

-Memiliki warna kulit cerah
   

-Sering terpapar oleh racun, seperti arsenik dan pestisida
   

-Sering terpapar oleh radiasi, seperti radiasi nuklir, sinar-X dan sinar ultraviolet
   

-Telah didiagnosa mengidap Kanker Kulit Non-Melanoma
   

-Terpapar sinar matahari berlebihan

 

Gejala-Gejala Karsinoma Sel Basal
Karsinoma sel basal lebih sulit untuk mengidentifikasi, terutama karena tidak memiliki gejala awal. Satu-satunya gejala yang telah dikaitkan dengan hal ini, pada tahap awal, adalah papula kaku yang tumbuh pada kulit, biasanya pada hidung, pipi, dahi, atau bagian belakang tangan. Ini akan memiliki tidak ada peradangan. Akhirnya, hal itu akan menyebabkan lesi ulkus besar dalam bentuk tidak teratur. Ini tumbuh perlahan tapi biasanya tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. Ini hanya menyerang jaringan kulit internal.
-Bercak-bercak berwarna cokelat
-Bercak-bercak yang berubah warna
-Luka kulit yang mudah berdarah
-Luka yang tidak sembuh

 

Tanda Tanda Munculnya Karsinoma Sel Basal
Tanda tanda Penyakit kulit karsinoma sel basal biasanya ialah mulai munculnya benjolan kecil berbentuk kubah, Teksturnya lembut dan mengkilat. Beberapa karsinoma sel basal mengandung pigmen melanin, membuat mereka terlihat gelap daripada mengkilap.

karsinoma sel basal sering muncul di dada atau punggung dan tampak seperti bercak mentah, kulit kering. Mereka tumbuh perlahan selama 1 bulan atau 1 tahun. Karsinoma sel basal tumbuh lambat, perlu proses berbulan bulan untuk menjadi cukup besar. Karsinoma sel basal bisa merusak penampilan kita, seperti jika tumbuh di dekat mata, telinga, atau hidung.

 

Diagnosa Karsinoma Sel Basal

Untuk membuat diagnosa yang tepat, dokter biasanya menghapus semua atau bagian dari pertumbuhan penyakit tersebut dengan melakukan biopsi. Hal ini biasanya melibatkan sampel dengan menyuntikkan anestesi lokal dan mengorek sepotong kulit. Metode ini disebut sebagai mencukur biopsi. Kulit yang akan dihapus kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk ditemukan sel kankernya.
Pengobatan Karsinoma Sel Basal

Ada banyak cara yang terbukti berhasil untuk mengobati karsinoma sel basal. Tujuan utama dokter adalah untuk menghapus atau menghancurkan kanker sepenuhnya dengan sekecil bekas luka semungkinnya. Untuk merencanakan pengobatan yang terbaik untuk setiap pasien, dokter mempertimbangkan lokasi dan ukuran kanker, risiko jaringan parut, dan usia seseorang, kesehatan umum, dan sejarah medis.
Metode yang digunakan untuk mengobati karsinoma sel basal meliputi:
Kuret dan desikasi
   
Dermatologi biasanya lebih memilih metode ini, yang terdiri dari menyendoki keluar karsinoma sel basal dengan menggunakan sendok seperti alat yang disebut kuret. Pengeringan adalah aplikasi tambahan arus listrik untuk mengontrol perdarahan dan membunuh sel kanker yang tersisa. Karena itu Kulit bisa tumbuh lagi tanpa jahitan.
Eksisi bedah
   
tumor ini dipotong dan dijahit.
Terapi Radiasi
   
Dokter sering menggunakan pengobatan radiasi untuk kanker kulit yang terjadi di daerah yang sulit diobati dengan operasi. Memperoleh hasil kosmetik yang baik umumnya melibatkan sesi perawatan yang banyak, mungkin 25 sampai 30.
Cryosurgery
   
Beberapa dokter yang terlatih dalam teknik ini mencapai hasil yang baik dengan pembekuan karsinoma sel basal. Biasanya, nitrogen cair diterapkan pada pertumbuhan untuk membekukan dan membunuh sel abnormal.
Bedah Mohs
   
Nama Mohs diambil dari Dr Frederic Mohs, penemu metode ini. Dokter bedah cermat menghilangkan sepotong kecil tumor dan meneliti di bawah mikroskop selama operasi. Urutan pemeriksaan mikroskopis pemotongan dan diulang secara telaten sehingga karsinoma sel basal dapat dipetakan dan dibawa keluar tanpa harus memperkirakan atau menebak lebar dan kedalaman lesi. Metode ini akan menghapus sebagai sedikit dari jaringan normal. Angka kesembuhan sangat tinggi, melebihi 98%. Bedah Mohs lebih disukai untuk sebagian besar penderita karsinoma sel basal. Dalam kasus di mana sejumlah besar jaringan perlu dihapus, dokter bedah Mohs kadang-kadang bekerja dengan seorang ahli bedah (rekonstruksi) plastik untuk mencapai penampilan pascaoperasi terbaik.
Terapi Medis dengan menggunakan krim
   
menggunakan krim yang mengandung (5-Fluorourasil – 5-FU, Efudex, Fluoroplex). Ini diterapkan beberapa kali seminggu selama beberapa minggu. Mereka menghasilkan peradangan cepat dan iritasi. Keuntungan dari metode ini adalah bahwa penderita menghindari operasi, memungkinkan pasien melakukan perawatan di rumah, dan dapat memberikan hasil kosmetik yang lebih baik. Kekurangan termasuk ketidaknyamanan, angka kesembuhan yang lebih rendah, yang membuat pengobatan Terapi Medis ini tidak cocok untuk mengobati kanker kulit.

 

Pencegahan Karsinoma Sel Basal

penyakit kanker, karsinoma sel basal

karsinoma sel basal

 

Menghindari paparan sinar matahari pada individu yang rentan adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko untuk semua jenis kanker kulit. Pengawasan rutin individu yang rentan, baik oleh pemeriksaan diri dan pemeriksaan fisik secara teratur, juga merupakan ide yang baik untuk orang yang berisiko tinggi. Orang yang menderita kanker kulit harus memiliki pemeriksaan medis yang teratur. Beberapa cara untuk mencegah terjangkitnya penyakit kulit Karsinoma Sel Basal ialah

   
-Menghindari paparan sinar matahari tanpa perlindungan pada siang hari
  
-Mengenakan topi bertepi lebar dan pakaian yang tebal
   
-Teratur menggunakan krim tabir surya dengan SPF 30 yang bisa melindungi kulit terhadap UVA

yang dicari :

%d bloggers like this: