Penyebab Dan Gejala Karsinoma Sel Skuamosa

Penyebab Dan Gejala Karsinoma Sel Skuamosa

 

penyakit kanker, karsinoma sel skuamosa

karsinoma sel skuamosa

Mungkin belum banyak yang tahu ataupun sekedar mendengar tentang jenis kanker ini. Karsinoma sel skuamosa merupakan salah satu jenis kanker kulit. Meskipun demikian, kanker ini tidak hanya bisa menyerang bagian kulit saja tetapi bisa juga menyerang rongga mulut dan organ tubuh lainnya. Seperti juga halnya jenis kanker yang lain, kanker ini juga baru dapat dideteksi atau dirasakan oleh penderita setelah bertahun-tahun lamanya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengenali gejala awalnya supaya bisa segera diberikan tindakan pengobatan jika memang terjangkit jenis kanker ini.

Kanker kulit adalah kanker yang paling umum. Karsinoma sel skuamosa adalah kanker yang dimulai di sel skuamosa, yang tipis, sel datar yang terlihat seperti sisik ikan di bawah mikroskop. karsinoma sel skuamosa (cSCC) adalah bentuk paling umum ketiga kanker kulit. Sekitar 20% kanker kulit nonmelanoma disebabkan oleh cSCC dan 80% oleh BCC. Karsinoma sel skuamosa kulit terjadi sekitar seperempat sesering Karsinoma sel basal. Cahaya berwarna kulit dan riwayat paparan sinar matahari bahkan lebih penting dalam predisposisi untuk jenis kanker daripada karsinoma sel basal. Ini termasuk paparan arsen, hidrokarbon, panas, atau x-ray. Beberapa karsinoma sel skuamosa muncul dalam jaringan parut.

Kanker sel skuamosa yang mulai keluar keratosis dalam surya atau matahari pada kulit yang rusak lebih mudah untuk menyembuhkan dan bermetastasis kurang sering daripada yang berkembang di bekas luka traumatik atau radiasi. Insiden meningkat worldwide2 dan meskipun bukan penyebab kematian yang tinggi biaya yang cukup besar. Sekitar 70% dari cSCCs muncul pada kulit kepala dan leher. Faktor yang paling penting dalam memproduksi karsinoma sel skuamosa adalah paparan sinar matahari. Pertumbuhan seperti banyak dapat berkembang dari titik-titik prakanker, yang disebut keratosis actinic atau matahari. Kerusakan akibat sinar matahari membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mempromosikan kanker kulit. Beberapa karsinoma sel skuamosa timbul dalam jaringan parut. Penekanan sistem kekebalan tubuh oleh infeksi atau obat-obatan juga dapat mempromosikan pertumbuhan tersebut.
Faktor Penyebab Karsinoma Sel Skuamosa

Mengingat bahwa karsinoma sel skuamosa ini baru muncul setelah bertahun-tahun, pertanyaannya adalah apakah sebenarnya faktor penyebab atau pencetus kanker ini. Karena karsinoma sel skuamosa termasuk ke dalam jenis kanker kulit, maka faktor penyebab utamanya adalah sinar UV matahari. Jika kulit kita tidak terlindungi lama kelamaan sinar UV ini akan menyebabkan lesi penyebab kanker.

Ada banyak faktor lain yang memang jarang ditemukan untuk kasus karsinoma sel skuamosa ini, diantaranya adalah HPV (Human Papilloma Virus), benturan yang sangat keras terhadap salah satu bagian tubuh.

 

Gejala Karsinoma Sel Skuamosa

   
Waspadai jika tiba-tiba terjadi benjolan atau gumpalan bersisik pada tubuh yang ukurannya bisa membesar (bengkak).
   

Muncul bercakbercak berwarna merah di sekitar dubur.
   

Muncul bercak bercak merah di sekitar kelamin.
   

Muncul bercak – bercak putih di dalam mulut (bisa juga muncul di gusi).
   

Muncul borok atau bisul pada kulit yang tidak kunjung sembuh.
   

Tahi lalat yang membesar, berubah warna.
Jika salah satu atau beberapa gejala di atas anda temukan pada diri anda sendiri ataupun keluarga segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Karena semakin dini penanganannya maka akan mempermudah proses penyembuhannya.

penyakit kanker, karsinoma sel skuamosa

karsinoma sel skuamosa

Pencegahan Karsinoma Sel Skuamosa

Ada pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah timbulnya karsinoma sel skuamosa.

   
-Selalu gunakan topi atau pakaian yang cukup melindungi anda dari terkena sinar matahari langsung, terutama pada saat anda bepergian siang hari.
   

-Jika anda senang menggunakan tabir surya, pilihlah yang tahan air dan mengandung SPF 30 atau lebih tinggi.
   

Lakukan pemeriksaan rutin kesehatan anda supaya bisa diketahui secara dini jika terjadi suatu keanehan pada tubuh anda.
   

-Hindari konsumsi makanan yang bersifat karsinogenik;
   

-Jika tubuh anda menderita luka, periksa luka tersebut secara teratur. Waspadai jika terjadi perubahan warna, bentuk dan ukuran.

yang dicari :

%d bloggers like this: