Penyebab Dan Gejala Mittelschmerz Atau Nyeri Saat Ovulasi

Penyebab Dan Gejala Penyakit Mittelschmerz atau Nyeri Saat Ovulasi

 

penyakit Mittelschmerz

penyakit Mittelschmerz

 

Mittelschmerz atau yang biasa disebut dengan ovulation pain; midcycle pain atau nyeri saat ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) adalah nyeri perut bagian bawah yang terjadi pada wanita saat pertengahan siklus haid, pada saat ovulasi. Sekitar 20% waita mengalami mittelschmerz (termasuk aku.hehehe…) Nyeri yang terjadi mengkin ringan tetapi mungkinjuga berat. Dapat terjadi sebelum, selama, atau setelah ovulasi. Lamanya dapat beberapa jam, tetapi pada beberapa kasus sampai 2-3 hari. Rasa nyeri dapat disertai dengan pendarahan, yang kadang-kadang sangat sedikit berupa getah berwarna coklat atau disebut spotting, sedang pada kasus lain dapat merupakan pendarahan seperti haid biasa.

mittelschmerz

mittelschmerz

Penyebab Mittelschmerz Ataua Nyeri Saat Ovulasi

Ada beberapa teori yang dapat menjelaskan penyebab rasa nyeri tersebut. Jika dihubungkan dengan proses ovulasi, perkembangan folikel dalam ovarium mungkin dapat menyebabkan peregangan pada permukaan ovarium sehingga menimbulkan rasa nyeri. Saat terjadinya ovulasi, cairan dan darah dari rupturnya folikel yang telah matang dapat menyebabkan iritasi pada peritonium. Mittelschmerz dapat dirasakan pada satu sisi pada tiap bulan, dan dapat berganti sisi yang lain pada bulan berikutnya, maupun hanya satu sisi pada bulan tertentu.

Penyebab pasti dari penyakit ini belum diketahui, namun penyebab yang memungkinkan terjadinya rasa sakit adalah:

  • Tepat sebelum sel telur dilepaskan dengan ovulasi, pertumbuhan folikel membentang pada permukaan ovarium, hal tersebut menyebabkan rasa sakit pada perut bawah
  • Darah atau cairan yang dilepaskan dari folikel pecah mengiritasi lapisan perut (peritoneum), dan menyebabkan nyeri.

Nyeri yang dirasakan tidak berat. Dalam kenyataannya nyeri ini tidak selalu menimbulkan kerugian, salah satu keuntungan bagi eanita adalah saat merencanakan, meencoba maupun mencegah kehamilan. Adanya nyeri ini dapat digunakan sbagai pertanda terjadinya ovulasi.

Penyebab Nyeri Saat Ovulasi

Bunda, rasa sakit yang akut, parah, dan menusuk bukan hal yang normal. Nyeri ovulasi jadi pertanda Anda memiliki masalah kesehatan yang perlu segera ditangani. Beberapa penyebabnya bisa berupa masalah kesuburan yang bisa menghambat usaha Anda untuk bisa hamil. Ahli terapi dan spesialis kesehatan wanita memperingatkan nyeri ovulasi bisa jadi akibat dari sejumlah masalah, yang perlu dikonsultasikan ke dokter. Berikut beberapa penyebab nyeri saat ovulasi yang perlu diwaspadai.

1. Endometriosis

Endometriosis adalah penyakit peradangan yang mempengaruhi indung telur dan tuba falopi. Endometriosis juga bisa menyebabkan rasa sakit selama periode ovulasi. Gejala lain berupa nyeri saat berhubungan intim, migran, sembelit, sakit kepala, pusing, dan banyak lagi.

2. Kista Pada Indung Telur

Nyeri saat ovulasi sering kali menjadi tanda adanya kista pada indung telur. Kista bisa terbentuk atau pecah selama periode ovulasi. Wanita dengan PCOS (polycystic ovarian syndrome) sering mengalami nyeri saat ovulasi karena banyaknya kista pada indung telur. Kista ovarium diakibatkan ketidakseimbangan hormonal, biasanya terkait dengan resistensi insulin.

3. Adhesi Dari Pembedahan Sebelumnya

Bila Anda pernah menjalani pembedahan, misalnya bedah sesar, adhesi pada jaringan luka bisa menyebabkan nyeri saat ovulasi, karena indung telur dan struktur sekitarnya tertarik. Indung telur bisa menempel pada perut atau organ lain, menyebabkan rasa sakit saat ovulasi.

4. Infeksi Menular Seksual

Penyebab lain dari nyeri saat ovulasi adalah infeksi menular seksual. Contohnya Chlamydia, yang bisa menyebabkan peradangan pada tuba falopi dan penyakit peradangan panggul. Chlamydia juga bisa menyebabkan kondisi dimana tuba falopi tersumbat oleh nanah. Ini menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

5. Bakteri Dari Prosedur Medis

Bakteri bisa masuk ke rongga panggul melalui kateter, pembedahan, bahkan proses melahirkan. Ini bisa menyebabkan peradangan dan infeksi yang menimbulkan rasa nyeri saat ovulasi.

Gejala Penyakit Mittelschmerz Atau Nyeri Saat Ovulasi

Gejala utama mittelschmerz sangat khas, sisi perut bagian bawah terasa sakit atau tidak nyaman. Rasa sakit dapat beralih sisi setiap bulan atau setiap kali terjadi. Mungkin juga bisa dirasakan pada sisi yang sama selama beberapa bulan berturut-turut. Rasa sakit terjadi pada sisi di mana wanita berovulasi.

Rasa sakit biasanya berlangsung beberapa menit sampai beberapa jam, tetapi mungkin terus selama satu atau dua hari.
Sakit yang muncul akibat mittelschmerz antara lain:

  • Rasa sakit yang terasa seperti kram
  • Tiba-tiba sakit dan nyeri
  • Pendarahan ringan disertai dengan cairan vagina
  • Terjadi pada satu sisi (satu sisi ovarium)
  • Berulang atau pernah ada riwayat sebelumnya
  • Biasanya terjadi dalam beberapa menit atau beberapa jam, dapat juga terjadi selama 24-28 jam
  • Biasanya tejam, cramping, distinctive pain
  • Severe (jarang)

dapat berpindah ke sisi yang satunya pada bulan berikutnya atau dari satu periode ke periode yang lain

Pengobatan Mittelschmerz Atau Nyeri Saat Ovulasi

mittelschmerz

mittelschmerz

Biasanya pemeriksan panggul dalam tdak menunjukkan kelainan. Prosedur diagnosis yang lain seperti USG juga dapat dilakukan dan dapat menujukkan penyebab nyeri jika nyeri saat ovulasi semakin panjang.
Tidak ada terapi khusus,kecuali sangat dibutuhkan misalnya dalam keadaan yang sangat nyeri dapat digunakan analgesik (anti nyeri)
Hubungi atau periksa ke dokter apabila terjadi perubahanseperti lebih lama dari biasanya atau disertai dengan pendarahan pervaginam.
Rasa sakit ini tidak berbahaya dan tidak menandakan adanya penyakit. Tidak ada perawatan biasanya diperlukan. Penghilang rasa sakit (analgesik) mungkin diperlukan dalam kasus-kasus yang berkepanjangan atau rasa sakit yang hebat.


Ovary Nutrition Capsule Dari Green World

Ovary Greenworld

Ovary Greenworld

 

Solusi yang tepat dan sudah terbukti dapat mengatasi masalah wanita yang sulit hamil adalah dengan mengkonsumsi ovary nutrition capsule dari green world.

Ovary nutrition capsule dari green world merupakan salahsatu obat herbal terbaik di Indonesian untuk mengatasi masalah sulit hamil pada wanita, produk ini sangat aman untuk dikonsumsi karena perusahaan yang memproduksi obat herbal ini yaitu PT Green World Global melakukan tahap – tahap pembuatan obat herbal ini secara ketat dan mempunyai standarisasi khusus yang didukung oleh pemerintah sebelum obat herbal ini diedarkan kepada masyarakat luas. Dengan diberlakukannya standarisasi tersendiri dalam melakukan pengobalan bahan sampai menjadi produk yang dipasarkan green world mendapatkan serifikat berikut ini :

Ovary Greenworld

Ovary Greenworld

  1. GAP ( Good Agriculture Practice ) Green World memiliki tempat budidaya, panen, dan tempat pemrosesan tanaman dan bahan obat-obatan bebas kimia (organik) berstandar GAP di China dan Amerika.
  2. GEP (Good Extracting Practice = tatacara ekstraksi yang baik) adalah teknologi baru untuk mengekstrak herbal dan tumbuh-tumbuhan. GEP meliputi proses ekstraksi, pemurnian, distilasi, pengkonsentrasian, pengkristalan, penyaringan dan pengeringan.
  3. GCP (Good Clinical Practice = tatacara klinis yang baik) dibentuk 30 tahun yang lalu, merupakan satu standarisasi untuk tatacara klinis yang baik.
  4. GMP (Good Manufacturing Practice = tatacara proses produksi yang baik) dibentuk pada tahun 1975. Perusahaan Green World telah memperoleh standar pengelolaan kualitas ISO9001 : 2000, standar pengelolaan lingkungan ISO14001 serta pengelolaan keamanan OHSMS18000.
  5. GLP (Good Labaratory Practice = tatacara laboratorium yang baik) untuk lebih menjamin kualitas produk, setiap produk Green World harus melewati uji coba laboratorium yang ketat. Semua proses mulai dari ekstraksi, pencampuran sampai pengemasan, harus melewati deteksi ketat guna menjamin efektifitas dan keamanan produk.
  6. GSP (Good Supply Practice = tatacara pensuplaian yang baik) merupakan salah satu alur yang tidak boleh kurang untuk menjamin kualitas dan keamanan produk sebagai bukti bahwa kami sangat mengutamakan kesehatan dan keselamatan pelanggan.

Khasiat ovary nutrition capsule dari green world ketika dikonsumsi oleh wanita sangatlah banyak, salahsatunya adalah untuk menyuburkan kandungan wanita sehingga wanita mudah hamil dan tentunya bisa mendapatkan kebahagiaan lebih ketika dalam kehidupan rumah tangga.

Khasiat / Manfaat Yang Akan Didapatkan Ketika Mulai Mengkonsumsi Ovary Nutrition Capsule Dari Green World

Selain dapat menyuburkan kandungan , khasiat / manfaat yang akan didapatkan ketika mulai mengkonsumsi ovary nutrition capsule dari green world ini sangat banyak dan bagus untuk kesehatan wanita yang mengkonsumsinya, berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh wanita yang mengkonsumsi obat herbal ini secara teratur :

  1. Mengatasi Gangguan Haid ( siklus haid tidak teratur ataupun nyeri saat haid atau menjelang haid )
  2. Mengobati Penykit Keputihan, Kista, Rahim Kering , Rahim Kecil dan penyakit lainnya yang bisa menghambat kehamilan
  3. Mengatasi masalah menopause dini
  4. Mencegah penuaan dini
  5. Menurunkan Stress Fisik dan Mental
  6. Mengatasi gangguan hormonal wanita
  7. Meningkatkan fungsi ovarium
  8. Menstabilkan hormon estrogen dan progesteron
  9. Melancarkan peredaran darah.
  10. dan masih banyak lagi khasiat yang akan didapatkan

Dengan melihat khasiat yang dituliskan diatas maka dapat disimpulkan obat herbal ovary nutrition capsule dari green world ini sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sulit mendapatkan keturunan yang disebabkan karena adanya gangguan hormonal akibat suntik KB , adanya penyakit seperti kista, keputihan atau penyumbatan tuba falopi. Selain aman untuk dikonsumsi karena telah direkomendasikan oleh dokter ahli dalam bidangnya dan tidak mengandung bahan kimia ( 100% terbuat dari bahan herbal alami )

 

Kandungan Ovary Nutrition Capsule

Ovary Greenworld

Ovary Greenworld

Extract of Black Soy Bean

Black Soy Bean (kedelai hitam) mengandung Antosianin untuk anti-penuaan, menjaga kulit sehat, muda dan rambut, untuk membangun otot, mencegah kanker dan bisul. Mengandung Isoflavon untuk mencegah serangan jantung, mencegah masalah pada saat menopause, menjaga kesehatan tulang. Serta kedelai hitam memiliki kandungan yang sangat baik bagi anda yang ingin hamil cepat dan mendapatkan keturunan.

Ganoderma Lucidium Spora

Ganoderma Lucidium Spora mengandung polisakarida, adenosin, asam ganoderat, triterpenoid, peptidoglukan, fiber, protein dan sejumlah vitamin seperti vitamin E, C, B3, B6, B12, dan mineral. Membantu proses penyembuhan sekitar 150 macam penyakit, seperti impotensi, stroke, diaabetes mellitus, tumor, hipoksia, kanker, hepatitis ABC, rematik, kolesterol, jantung, tekanan darah tinggi, wasir, migrain, ginjal, asma, hemorhoid, jerawat, insomnia, penyakit kulit dan carebomalacia. Selain itu, ganoderma lucidium juga ampuh untuk gangguan yang dirasakan wanita seperti keputihan, dismenorea, menstrual cramps, menopause, bahkan kemandulan

Soy Isoflavones

Aksi paling menarik dari isoflavon kedelai adalah kemampuan mereka meniru estrogen dalam beberapa jaringan dan memblokir efek estrogen pada jaringan lain. Aktivitas anti-estrogenik inilah yang dianggap bisa berpotensi mengurangi risiko kanker yang terkait dengan hormon, misalnya kanker payudara, kanker rahim, dan kanker prostat.

Harga Ovary Nutrition Green World

  • Rp 345.000 / botol isi 90 capsule
  • Harga belum termasuk ongkos kirim
  • Pengiriman setiap hari
  • Atau bisa datang langsung ke toko “Herbal Shop” di Tangerang

 

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kontak person pada website.

%d bloggers like this: