Penyebab Dan Gejala Neurasthenia

Penyebab Dan Gejala Neurasthenia

2

Neurasthenia dikarakteristikkan dengan kelemahan menyeluruh, kurang konsentrasi, ketakutan, dan hipokondrik. Istilah tersebut mulai dikenalkan oleh G. M. Beard, seorang ahli syaraf dari Amerika. Neurasthenia mempunyai gejala yang luas termasuk sensasi nyeri yang hebat atau mati rasa di bagian tubuh, kelelahan kronik, ansietas dan pingsan. Beberapa pakar sejarah kedokteran percaya bahwa neurasthenia mungkin sesungguhnya sama dengan syndrom kelelahan kronik.

Neurasthenia Juga dikenal sebagai Primary Neurasthenia, Cardiac Neurosis, Asthenia Kronik, Syndrome Da Costa’s, Syndrome Effort, Functional Cardiovascular Disease, Soldier’s Heart and Subacute Asthenia.

*) Faktor penyebab neurasthenia

Penyebab dari neurasthenia tetap tidak diketahui meskipun seperti sebagian besar gangguan, yang jelas factor predisposisi mungin memainkan peranan penting, yang disebutkan utama mungkin factor herediter, pekerjaan (pekerjaan tinggi stress), umur (biasanyaterjadi diantara umur 20-55 tahun), dan jenis kelamin (lebih dominan pada laki-laki).

Neurasthenia dapat terjadi karena beberapa faktor (Zakiah Daradjat, 1983 : 34), yaitu sebagai berikut.

1
1) Terlalu lama menekan perasaan, pertentangan batin, kecemasan.

2) Terhalanginya keinginan-keinginan.

3) Sering gagal dalam menghadapi persaingan-persaingan

 

*) Gejala Neurasthenia

Neurasthenia disebut juga penyakit payah. Gejala utama gangguan ini adalah tidak bersemangat, cepat lelah meskipun hanya mengeluarkan tenaga yang sedikit, emosi labil, dan kemampuan berpikir menurun.

Di samping gejala-gejala utama tersebut juga terdapat gejala-gejala tambahan, yaitu insomnia, kepala pusing, sering merasa dihinggapi bermacam-macam penyakit, dan seterusnya.

Gejalanya adalah sebagai beerikut:

• Mungkin detak jantung mengalami pecepatan intensitasnya dan ireguler (Palpitasi, takikardi)2

• Rasa dingin pada ekstremitas, terutama tangan dan kaki

• Nafas yang cepat dan abnormal (hyperfentilasi)

• Pusing atau letih

• Mendesah periodic

• Sangat sensitif

yang dicari :

%d bloggers like this: