Penyebab Dan Gejala Penyakit Sifilis

Penyebab Dan Gejala Penyakit Sifilis

penyakit kelamin, sifilis

sifilis

Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Treponema pallidum adalah Sifilis. Sifilis dibagi menjadi beberapa fase yaitu fase primer, semua mitra seksualnya dalam 3 bulan terakhir terancam tertular. Pada sifilis fase sekunder, semua mitra seksualnya dalam 1 tahun terakhir terancam tertular. Penderita sifilis fase primer atau sekunder bisa menularkan penyakitnya, karena itu penderita sebaiknya menghindari hubungan seksual sampai penderita dan pasangan seksualnya telah selesai menjalani pengobatan untuk menyembuhkan penyakit sifilis.

Sipilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum yang masuk kedalam tubuh manusia melalui selaput lendir atau melalui kulit. dalam beberapa jam, bakteri akan sampai kekelenjar getah bening terdekat sehingga dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sipilis juga dapat menginfeksi janin dalam kandungan hingga menyebabkan cacat bawaan. Seperti halnya pada gonore, sipilis juga merupakan penyakit menular yang ditularkan melalui hubungan badan.

Penyakit sipilis pada wanita / pria

Pada umumnya penyakit ini timbul dikarenakan memiliki banyak pasangan dan mereka mempratekan seks yang tidak aman, itu justru akan menyebabkan infeksi.
Penyebab Penyakit Sifilis

Seseorang yang pernah terinfeksi oleh sifilis tidak akan menjadi kebal dan bisa terinfeksi kembali, Penyebab Penyakit sifilis adalah Bakteri Treponema pallidum. Bakteri ini masuk kedalam tubuh manusia melalui selaput lendir (misalnya di vagina atau mulut) atau melalui kulit. Dalam beberapa jam, bakteri akan sampai ke kelenjar getah bening terdekat, kemudian menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sifilis juga bisa menginfeksi janin selama dalam kandungan dan menyebabkan cacat bawaan.

 

Gejala Penyakit sifilis
Gejala penyakit Sipilis akan timbul sekitar 3 minggu sampai 6 bulan setelah berhubungan intim, umumnya penyakit sipilis ini ditandai dengan dengan :

   
-Timbul benjolan dan luka di sekitar alat kelamin
   
-Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi. Pada umumnya tidak terasa sakit
   
-Dalam beberapa minggu luka akan hilang, namun justru bakteri akan menetap pada tubuh dan penyakit dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh Lecet-lecet ini akan hilang juga, dan virus akan menyerang bagian tubuh lain
   
-Terkadang disertai pusing-pusing dan nyeri tulang seperti gejala flu
   
-Muncul bercak kemerahan pada tubuh sekitar 6-12 minggu setelah hubungan intim/ sex
Jika tidak ditangani dan diobati dengan obat sipilis, maka dalam jangka panjang dapat berakibat:

   
-Selama 2-3 tahun pertama penyakit ini tidak menunjukkan gejala apa-apa, setelah 5-10 tahun penyakit ini akan menyerang susunan syaraf otak, pembuluh darah dan jantung
   
-Pada perempuan hamil, penyakit ini dapat menular kepada bayi yang dikandungnya yang mengakibatkan kerusakan kulit, hati, limpa dan bahkan keterbelakangan mental.

maka dari itu segera obati penyakit tersebut dengan obat sipilis sebelum terlambat. Obat  sipilis herbal juga baik untuk mengobati penyakit tersebut.

 

Tahapan Gejala Penyakit Sifilis

Infeksi penyakit  Sifilis oleh bakteri  Treponema pallidum tersebut berkembang melalui 4 tahap, yaitu :
a. Fase Primer, dimana Terbentuk luka atau ulkus yang tidak nyeri (cangker) pada tempat yang terinfeksi; yang tersering adalah pada penis, vulva atau vagina. Cangker juga bisa ditemukan di anus, rektum, bibir, lidah, tenggorokan, leher rahim, jari-jari tangan atau bagian tubuh lainnya. Biasanya penderita hanya memiliki1 ulkus, tetapi kadang-kadang terbentuk beberapa ulkus.
b. Fase sekunder, yaitu terdapatnya ruam kulit, yang muncul dalam waktu 6-12 minggu setelah terinfeksi. Ruam ini bisa berlangsung hanya sebentar atau selama beberapa bulan. Meskipun tidak diobati, ruam ini akan menghilang. Tetapi beberapa minggu atau bulan kemudian akan muncul ruam yang baru.
c. Fase Laten dimana tidak nampak gejala sama sekali. Fase ini bisa berlangsung bertahun-tahun atau berpuluh-puluh tahun atau bahkan sepanjang hidup penderita. Pada awal fase laten kadang luka yang infeksius kembali muncul.
d. Fase Tersier dimana penderita tidak lagi menularkan penyakitnya. Gejala bervariasi mulai ringan sampai sangat parah

 

Gejala Sifilis Lainnya
Bisa menjadi sulit terdeteksi. Beberapa orang yang telah terinfeksi mungkin tidak menyadari hal itu karena mereka mungkin tidak menunjukkan gejala apapun selama bertahun tahun. Orang lain dengan sifilis dapat mengalami gejala pada tahapan yang berbeda dari infeksi. Gejalanya bisa berupa:
   
-Luka. Ini adalah tanda pertama dari sifilis. Mereka biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, dan ditemukan di luar atau di dalam vagina, leher rahim, atau di mana saja di mulut, bibir, atau lidah. Sifilis juga bisa menginfeksi anus, uretra, atau penis.

-Ruam. Tahap berikutnya sering kali berisi ruam yang pecah pada kulit di bagian bawah tangan dan kaki. Ini biasanya tidak gatal, tapi tampak seperti kulit kasar. Ruam mungkin merah atau berwarna coklat, dan ruam yang berbeda mungkin muncul di tempat lain pada tubuh.
   
-Merasa sakit. Demam dan kelelahan orang dapat kehilangan berat badan. Sering sakit kepala dan nyeri otot juga, seperti tenggorokan nyeri dan pembengkakan kelenjar getah bening.
   
-Rambut rontok. rambut mungkin mulai jatuh di kepala atau area lain dari tubuh. Selang dan kambuhnya gejala. Jika tidak diobati, gejala mungkin hilang, hanya untuk kembali lagi nanti. Akhirnya, sifilis dapat menyebabkan gejala sistem saraf jika berjalan tidak diobati untuk waktu yang lama.

yang dicari :

%d bloggers like this: