Penyebab Dan Gejala Radang Lambung

Penyebab Dan Gejala Radang Lambung

Radang lambung atau lebih dikenal dengan sebutan gastritis adalah penyakit yang menyerang daerah lambung. Pada penderita radang lambung atau gastritis, dijumpai adanya suatu iritasi atau infeksi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga dinding lambung menjadi merah, bengkak, berdarah dan berparut atau luka. Selain luka pada dinding lambung, juga luka pada usus 12 jari.

Serangan pada lambung sendiri dapat bersifat akut atau kronis. Radang lambung yang kronis sering terjadi di kalangan orang tua dan penderita anemia fatal. Hal ini sering dapat menimbulkan peradangan di seluruh lapisan dinding lambung.
Penyakit radang lambung adalah peradangan pada selaput lambung. Penyakit radang lambung ini bisa menjadi kronis jika dibiarkan, sehingga  peradangan  pada selaput lambung dapat terjadi secara terus menerus.

Banyaknya orang yang membiasakan makanan pedas, atau sering membiarkan perut dalam keadaan kosong dapat menyebabkan penyakit radang lambung. Anehnya setelah terkena penyakit radang lambung, orang sering malas mengobatinya. Padahal jika dibiarkan bisa bertambah parah atau menjadi kronis.

Akibat radang ini maka lambung memburuk keadaannya, kelenjar-kelenjar yang menghasilkan asam lambung dan pepsin terganggu, ramuan-ramuan aktif dan getah lambung tidak normal pengeluarannya.

Penyebab Radang Lambung

Secara umum penyakit radang lambung disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :

-Makan tidak teratur

Makan tidak teratur menyebabkan kerja lambung tidak teratur pula. Sehingga bisa menjadi penyebab penyakit radang lambung.

    
-Makan makanan berminyak secara berlebihan

Makanan berminyak secara berlebihan menjadi penyebab radang lambung. Namun jika tidak terlalu berlebihan, tidak apa-apa.

    
-Makan terlalu banyak

Makan terlalu banyak membuat lambung menjadi penuh. Hal itu bisa menambah beban fungsi dari lambung, karena itu bisa menjadi penyebab penyakit radang lambung.

    
-Makan makanan yang sulit dicerna

penyakit lambung, radang lambung

radang lambung

    

-Makan terburu-buru
    

-Perut kosong terlalu lama
    

-Terlalu banyak minu-minuman beralkohol

Gejala Penyakit Radang Lambung

Ada bebearapa gejala penyakit radang lambung yang biasa terdapat pada penderita penyakit radang lambung. Diantara gejalanya adalah:

-Rasa tidak enak perut bagian atas (terutama sesudah makan)
    

-Perut kembung
    

-Sakit kepala, demam
    

-Mual, sendawa, nafas bau busuk, muntah
    

-Rasa tidak enak pada mulut, lidah seperti berlapis
    

-Rasa sakit pada perut bagian atas
    

-Perut lunak
    

-Pendarahan dalam lambung
    

-Perasaan setengah cacat jasmani dan rohani

– Terbiasa telat makan,

    
-Nafsu makan menurun secara drastis, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin.
    

   
– Sulit untuk tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut.

yang dicari :

%d bloggers like this: