Penyebab Dan Gejala Sistitis

Penyebab Dan Gejala Sistitis

penyakit ginjal, sistitis

sistitis

Sistitis adalah penyakit pada kandung kemih karena terjadi infeksi pada organ tersebut. Biasanya penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita pada usia reproduktif, dan karena sebab tertentu bisa kambuh berulang-ulang.

Sistitis Bakteri adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan peradangan pada kandung kemih, umumnya karena infeksi bakteri yang berasal dari uretra. Ini adalah salah satu jenis dari infeksi saluran kencing bagian bawah dan menyebabkan rasa ingin buang air kecil yang mendesak dan sering tetapi terasa sakit ketika mengeluarkan urin. Urin seringkali keruh dengan bau yang sangat tidak sedap. Sistitis bakteri umumnya terjadi pada wanita daripada laki-laki karena uretra wanita lebih pendek dan lebih dekat dengan anus, oleh karena itu, ada resiko yang lebih tinggi bagi bakteri dari anus untuk menyebar dan menginfeksi saluran kencing bagian bawah. Sititis Baktreri Ringan biasanya hilang dalam 4-9 hari tanpa pengobatan. Namun, sistitis bakteri yang berat dapat menyebabkan gejala-gejala lain, seperti demam dan nyeri perut, yang memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Meskipun kondisi ini tidak mengancam jiwa, harus dilakukan pengobatan yang tepat untuk mencegah terjadinya komplikasi yang serius, seperti gagal ginjal.

 

Penyebab Sistitis
Penyebab Sistitis pada wanita biasanya akan muncul setelah melakukan hubungan seks. Kemungkinan saluran uretra mengalami cedera atauluka ketika berhubungan seks. Bakteri yang semula berada di dalam vagina akan berpindah ke kandung kemih melalui uretra. Bisa ada hubungan yang tidak normal antara vagina dan kandung kemih, infeksi bisa terjadi berulang kali.
Sedangkan pada pria, penyakit Sistitis ini lebih jarang ditemukan. Bila terjadi penyebabnya adalah infeksi dari uretra menjalar ke prostat dan kemudian terjadi infeksi di kandung kemih. Bila ada infeksi bakteri menetap pada prostat, bisa terjadi juga infeksi berulang pada kandung kemih pria. Penyebab Sistitis lainnya bisa terjadi ketika ada pembedahan atau operasi tertentu.
Cystitis adalah peradangan pada vesika urinaria, peradangan ini sering ditemui.Dan penyebabnya adalah:

1. E. coli (banyak ditemukan pada wanita)

2. Infeksi ginjal

3. Prostat hipertrofi karena adanya urine sisa

4. Infeksi usus
(no. 1-4 penyebab sistitis akut) (no. 5-10 penyebab sistitis kronis)

5. Infeksi kronis dari traktus bagian atas

6. Adanya sisa urine

7. Stenosis dari traktus bagian bawah.

8. Pengobatan sistitis akut yang tidak sempurna

9. Adanya faktor predisposisi

10. Infeksi yang konstan (infeksi ulang yang menetap) dan infeksi spesifik

 

Gejala Sistitis
Infeksi kandung kemih atau Sistitis pada umumnya akan menimbulkan gejala pada penderita berupa desakan untuk berkemih, dan ketika buang air kecil akan timbul rasa seperti terbakar dan nyeri. Rasa sakit yang timbul berada diatas tulang kemaluan atau bisa pada punggung sebelah kanan. Desakan kencing lebih sering terjadi pada malam hari, air kencing bisa tercampur darah dan terlihat keruh.
Pada penderita Sistitis yang sudah berusia lanjut, biasanya gejala Sistitis tidak begitu dirasakan, dan penyakit ini akan diketahui setelah melalui pemeriksaan air kencing penderita.

 

Tanda dan gejala Sistitis Bakteri yang mungkin timbul:

   
-Air seni yang berbau busuk
  
-Air seni yang berwarna keruh
   
-Darah di air seni (hematuria)
   
-Demam
   
-Mengalami kesulitan mengosongkan kandung kemih meskipun ada dorongan kuat untuk buang air kecil
   
-Nyeri saat buang air kecil (disuria)
   
-Rasa sakit pada bagian bawah perut
   
-Rasa sakit pada panggul
   
-Sering buang air kecil

 

 

penyakit ginjal, sistitis

sistitis

Pencegahan Untuk Sistitis
§ Banyak minum untuk melarutkan bakteri
§ Pemberian antibiotika
§ Kumbah kandung kemih dengan larutan antiseptik ringan

 Pengobatan Untuk Sistitis

Pengobatan pada kandung kemih atau sistitis pengobatannya berdasarkan literatur yaitu dengan pemberian :

-obat antibiotika

-analgetik

-dan obat anti inflamasi sesuai dosis yang dianjurkan.

You may also like...

%d bloggers like this: