Penyebab Dan Gejala Tumor Jinak skin Tags

Penyebab Dan Gejala Tumor Jinak skin Tags

1
Diantara sekian banyak tumor jinak kulit, salah satu tumor jinak kulit yang ditemukan adalah skin tag. Skin tag adalah tumor jinak kulit yang berasal dari jaringan ikat. Banyak didapat pada usia pertengahan dan orangtua, umumya pada wanita. Faktor penyebab yang pasti dari kelainan ini belum diketahui. Faktor predisposisi antara lain obesitas dan kehamilan. Kelainan ini sering pada daerah intertriginosa (aksila, inframemmae, lipat paha) tetapi pada umumnya di daerah leher.
Skin Tags memiliki pengertian yaitu sebuah kulit yang menonjol dan menggelambir pada beberapa permukaan kulit pada bagian tubuh. Biasanya skin tags ini berwarna menyerupai daging dan cenderung lebih gelap. Skin tags ini biasa muncul di bagian leher, sela-sela ketiak, dan juga pada selangkangan. Skin tags sendiri disebut juga sebagai tumbuhnya kulit jinak yang sering tumbuh pada pertengahan usia seseorang.

 

Penyebab Tumor Jinak Skin Tags

Skin tags atau kulit jinak ini sampai sekarang tidak diketahui apa penyebabnya, dikarenakan sering muncul tanpa disadari.

 

Gejala Tumor Jinak Skin Tags

1Pada umumnya telah kita ketahui bahwa skin tags sendiri merupakan penonjolan kulit lembut yang tumbuh dan dapat menghubungkannya pada permukaan kulit lainnya. Gejala yang dapat diketahui yaitu tumbuhya penonjolan pada kulit, selain itu tidak memiliki gejala-gejala lain seperti:
-timbul nyeri dan adanya pembesaran pada bagian kulit tersebut.
-Skin tags memiliki ukuran yang cenderung kecil dan biasanya ada pula yang berukuran hingga 1cm
-berwarna menyerupai daging dan juga sedikit gelap.

 

Pengobatan Tumor Jinak Skin Tags

Pada umumnya apabila ada tumbuhnya kulit jinak pada tubuh tidak perlu melakukan pengobatan, namun apabila adanya iritasi yang disebabkan oleh gesekan pakaian, maka perlu dilakukan pengobatan seperti pengankatan yang dilakukan melalui pembekuan atau sering disebut krioterapi, bisa juga dengan dibakar atau kauterisasi.

%d bloggers like this: