Penyebab Dan Gejala Wernicke Korsakoff Syndrome (WKS)

Penyebab Dan Gejala Wernicke Korsakoff Syndrome (WKS)

3Wernicke Korsakoff Syndrome (WKS) merupakan kelainan neurologis. Wernicke Korsakoff Syndrome adalah gangguan yang biasanya berhubungan dengan konsumsi alkohol yang berlebihan tetapi penyebab utama WKS adalah kekurangan vitamin B1 (thiamin). Salah satu fungsi thiamin adalah membantu sel-sel otak untuk menghasilkan energi dari gula sehingga ketika kadar thiamin dalam otak rendah, maka sel otak tidak dapat menghasilkan energi yang mencukupi untuk menjalankan fungsinya. Sindrom ini terdiri dari kebingungan akut dan amnesia. Mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan berkurangnya pasokan thiamin ke dalam otak.

Wernicke Korsakoff Syndrome (WKS) sering terjadi pada orang berusia 30-70 tahun. Sindrom ini mempengaruhi lebih banyak laki-laki daripada perempuan.
*) Penyebab Wernicke Korsakoff Syndrome

Penyebab utama WKS adalah kekurangan vitamin B1 (thiamin) yang terlibat dalam membantu tubuh membuat energi dari karbohidrat dan juga membantu jantung, sistem saraf serta otot berfungsi dengan baik. WKS sering terjadi pada orang yang suka mengonsumsi alkohol.

Selain itu, faktor penyebab WKS adalah sebagai berikut:
   
7* Stress gizi
   
* Penggunaan tembakau (tembakau dapat mengurangi penyerapan thiamin dan dapat menyebabkan penurunan thiamin dalam tubuh).
   
* Persisten emesis (muntah terus-menerus): Hiperemesis gravidarum ; keganasan lambung; obstruksi usus; dan brairatic operasi.
   
* Kelaparan: Anorexia nervosa; tawanan perang.
   
* Skizofrenia.
*) Gejala-gejala Wernicke Korsakoff Syndrome

   
* Nystagmus

Berasal dari bahasa Yunani,”nmstagmos” untuk menggambarkan kepala goyah sepeti mengantuk atau mabuk. terjadi gerakan involunter ritmik pada satu atau kedua mata. Gerakan mungkin menyentak, berputar (rotasi) atau berayun (pendular). Penyebab nystagmus adalah kerusakan sistem vestibular (nystagmus perifer); cedera saraf kranial III, IV, atau VI; gangguan serebelum; dan intoksikasi obat. Nistagmus rotasi sering berkaitan dengan rasa pusing dan mual.
   

5* Ataksia

Terjadi kegagalan kontrol otot pada tangan dan kaki sehingga menghasilkan kurangnya keseimbangan dan koordinasi. Ataksia disebabkan karena serebelum memburuk atau atrofi, terkadang urat saraf tulang belakang (spinal cord) terpengaruh sehingga terjadi kemunduran jaringan saraf pada spinal cord.
   

* Opthalmoplegia

Opthalmoplegia terjadi karena otak salah mengirim dan menerima informasi melalui saraf yang mengendalikan gerakan mata.

%d bloggers like this: