Penyebab Dan pencegahan Penuaan Dini

Penyebab Dan Pencegahan Penuaan Dini

 

penyakit kulit, penuaan dini

penuaan dini

Setiap orang dipastikan tidak ingin mengalami penuaan dini. Semua orang ingin terlihat awet muda. Jangankan penuaan dini, banyak orang yang melakukan beragam cara supaya kondisi fisiknya masih terlihat 20-30 tahun lebih muda meskipun usia mereka telah menginjak usia senja.
Pada dasarnya, penuaan dini ini kerap terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit yang kering. Pada jenis kulit kering, kadar sebum yang merupakan kandungan minyak untuk melindungi kulit dari polusi dan melembabkan kulit kadarnya sangat kurang.

Penuaan dini biasanya terlihat ketika kulit terlihat kering, pecah-pecah, bersisik, kasar, dan disertai dengan tampak keriput serta timbulnya flek dan noda hitam (terutama di bagian wajah).

Faktor Penyebab Penuaan Dini

Jika Anda tidak ingin mengalami penuaan dini, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Pada umumnya, penuaan dini disebabkan oleh adanya dua faktor yakni faktor internal seperti keturunan, kejiwaan, kesehatan, dan daya tahan.

Untuk faktor internal ini tentunya tidak bisa dihindari karena merupakan proses alamiah pada manusia. Hal tersebut bisa juga dipicu oleh adanya perubahan hormonal dan tingkat stres yang dialami seseorang. Sedangkan untuk faktor yang disebabkan oleh faktor eksternal antara lain meliputi:
   

-Radikal bebas
   
Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk didalamnya jaringan kolagen. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin seperti buah-buahan dan sayuran serta menjalankan diet yang mengandung protein tinggi.
   

-Kelembaban udara
   
Ternyata penuaan dini disebabkan juga oleh kelembaban udara yang tidak stabil. Cara untuk melindungi kelembaban kulit terutama bagi orang yang hidup di daerah tropis yang terkenal memiliki kelembaban udara tidak stabil ialah dengan cara menggunakan pelembab yang bisa memertahankan kadar air di dalam kulit. Sedangkan untuk melindungi kelembutan kulit, Anda bisa menggunakan pelembab di wajah dan body lotion yang tentunya sesuai dengan jenis kulit Anda. Pilihlah bahan pelembab yang mengandung humektan sebagai pengikat air atau asam alfa-hidroksi A-HA.
-Polusi

Polusi dapat menyebabkan stress oksidatif pada kulit dan radikal bebas yang dihasilkan dari proses ini akan memicu terjadinya pemecahan kolagen dan elastin pada kulit sehingga kulit menjadi kering, kusam dan mudah timbul keriput. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan kulit setiap hari setelah beraktivitas dan memperbanyak konsumsi antioksidan seperti Vitamin C dan Vitamin E.

 

-Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari ialah ketika sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00.
Meskipun Anda jarang beraktivitas di luar ruangan, Anda masih beresiko terkena paparan sinar matahari di dalam ruangan atau kendaraan jika duduk dekat jendela. Sinar ultraviolet A dengan gelombang panjang akan masuk ke dalam lapisan kulit lebih dalam dan menjadi penyebab timbulnya keriput, pigmentasi dan bahkan kanker kulit. Gunakan selalu krim tabir surya meskipun Anda jarang beraktivitas di luar. Jika Anda duduk dekat jendela sebaiknya oleskan setiap 2 jam sekali.

 

-Stress

Saat stress terjadi pelepasan hormon kortisol yang akan memicu juga pemecahan kolagen dan elastin. Cobalah atasi stress dengan berhenti sejenak dari rutinitas dan mulai melakukan kegiatan yang disukai agar pikiran menjadi lebih tenang.

 

-Kurang Tidur

Dapat menyebabkan penuaan dini dengan 2 cara, yang pertama adalah karena proses regenerasi kulit yang biasa terjadi pada waktu tidur menjadi terganggu. Kedua, karena kurang tidur tubuh menjadi lelah sehingga Anda cenderung mengabaikan perawatan kulit dan pola makan juga tidak teratur sehingga berdampak negatif pada kesehatan kulit. Usahakan tidur dan bangun pada jam yang kurang lebih sama setiap harinya, disiplin jadwal tidur akan member efek positif pada kesehatan kulit.

 

-Berada di ruangan ber-AC dalam waktu lama

AC membuat kulit Anda kering sehingga menyebabkan cepatnya proses penuaan. Perbanyak minum air putih dan oleskan pelembab untuk mencegah kekeringan kulit.

 

-Produk Perawatan Kulit Tertentu

Beberapa produk perwatan kulit untuk Anti-Aging sering mengandung Retin-A, alkohol, asam glikolat yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering jika pemakaiannya berlebihan. Gunakan juga produk perawatan yang mengandung vitamin E, vitamin C, asam hyaluronat untuk menjaga kulit tetap lembab.

 

-Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah terlalu sering dengan sabun dapat menghilangkan minyak alami wajah yang berfungsi untuk mengencangkan kulit secara alami. Akibatnya, kulit jadi mengendur dan muncul kerutan sebelum waktunya. Untuk menghindarinya, bersihkanlah wajah Anda secukupnya, yaitu satu hingga dua kali sehari.

 

-Makanan Manis

Kadar gula darah yang tinggi akan menyebabkan perubahan pada kolagen sehingga memudahkan timbulnya keriput pada kulit. Selain makanan manis, makanan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti nasi putih dan roti juga mempunyai efek yang sama. Seimbangkan diet Anda dengan konsumsi protein dan serat dari sayur dan buah-buahan.

 
Tips-Tips Menjaga Kesehatan Kulit dan Kecantikan
Bagi Anda, terutama para wanita yang ingin mencegah terjadinya penuaan dini, cobalah tips-tips di atas. Cara-cara tersebut terbukti cukup efektif menangkal berbagai pemicu penyebab penuaan dini.
Tips-tips berikut ini dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan Anda:

penyakit kulit, penuaan dini halus

penuaan dini

   

-Banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah segar sebagai antioksidan alami dan sumber nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Jangan lupa untuk menghindari junk food dan produk-produk olahan.
   

-Melakukan perawatan secara teratur yang meliputi pemakaian scrub, pemberian nutrisi, serum, gel atau masker yang mengandung bahan yang melembabkan kulit, serta memperbaiki sirkulasi darah dengan melakukan pemijatan atau refleksi.
   

-Banyak mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya minimal 2,5 liter per hari yang dimaksudkan untuk menjaga kelembaban kulit. Jangan lupa pula untuk mengurangi kopi dan soft drink.
   

-Memperbanyak minum teh hijau yang banyak mengandung antioksidan.
   

-Melakukan olahraga secara teratur seperti jogging, senam, dan berenang minimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga secara teratur sangat membantu dalam melancarkan aliran darah sehingga berimplikasi pada asupan oksigen dan nutrisi pada sel-sel lebih baik serta sangat berperan dalam pembentukan sel-sel kulit yang baru.
Itulah beberapa hal yang patut diperhatikan dan dijalankan secara konsisten untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Kesehatan kulit dan kecantikan merupakan aset yang sangat berharga yang sejatinya dijaga secara maksimal bagi Anda yang tidak mau mengalami kulit keriput pada usia yang masih terbilang produktif.

Dengan menjalankan tips-tips di atas secara teratur dan konsisten, bukan hanya kesehatan kulit yang bisa didapatkan namun juga kualitas hidup juga akan meningkat secara signifikan. Selamat menjalankan pola hidup sehat.

%d bloggers like this: