Penyebab Endokarditis Infektif

Penyebab Endokarditis Infektif

endokarditis infektifEndokarditis infektif adalah infeksi pada endokardium dan katup jantung. Endokarditis infektif dapat terjadi secara tiba-tiba dan dalam beberapa hari bisa berakibat fatal. Endokarditis infektif juga dapat terjadi secara bertahap dan tersamar dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan. Bakteri penyebab endokarditis bakterialis akut kadang cukup kuat untuk menginfeksi katup jantung yang normal. Sedangkan, bakteri penyebab endokarditis bakterialis subakut hampir selalu menginfeksi katub abnormal maupun katub yang rusak.
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya endokarditis infektif adalah:

   
* Cedera pada kulit, lapisan mulut atau gusi (karena mengunyah atau menggosok gigi), gingivitis (infeksi dan peradangan pada gusi), infeksi kecil pada kulit, dan infeksi pada bagian tubuh lainnya.
   
* Pembedahan tertentu, prosedur gigi, dan beberapa prosedur medis juga dapat mempermudah bakteri untuk masuk ke dalam aliran darah.
   
* Katup jantung yang telah mengalami kerusakan. Pada orang yang memiliki katup jantung normal, sel darah putih pada tubuh akan menghancurkan bakteri-bakteri ini. Tetapi, katup jantung yang telah mengalami kerusakan bisa menyebabkan bakteri tersangkut dan berkembang biak di sana.
   
* Katup jantung buatan. Pada katup jantung buatan, bakteri juga bisa masuk dan bakteri ini lebih kebal terhadap pemberian antibiotik.
   
* Kelainan bawaan atau kelainan yang memungkinkan terjadinya kebocoran darah dari satu bagian jantung ke bagian jantung lainnya.
   
* Adanya septikemia. Septikemia adalah infeksi berat pada darah, yang sering menyebabkan demam tinggi, menggigil, gemetar, dan menurunnya tekanan darah.
   
bakteri penyebab endokarditis* Bakteremia ( adanya bakteri di dalam darah) yang sifatnya ringan mungkin tidak segera menimbulkan gejala, tetapi bisa berkembang menjadi septikemia.
   
* Pemakai obat-obat suntik. Pemakai obat suntik dan penggunaan kateter yang berkepanjangan pada penderita endokarditis membuat katup menjadi terinfeksi. Pada umumnya, katup yang sering terinfeksi adalah katup yang menuju ke ventrikel kanan (katup triskuspidalis). Pada sebagian besar kasus lainnya, yang terinfeksi adalah katup yang menuju ke ventrikel kiri (katup mitralis) atau katup yang keluar dari ventrikel kiri (katup aorta). Pada pengguna katup buatan, risiko terbesar adalah terjadinya endokarditis selama 1 tahun setelah pembedahan; setelah itu risikonya berkurang, tetapi tetap lebih tinggi dari normal.

%d bloggers like this: