Penyebab Menopause Dini

Penyebab Menopause Dini

6Menopause adalah kondisi normal yang dialami oleh para wanita seiring bertambahnya usia mereka. Istilah dari menopause itu sendiri berarti wanita mengalami berhenti dari menstruasi dan merupakan tanda akhir dari periode reproduksinya. Biasanya, para wanita mengalami menopause pada usia 50 tahun. Sedangkan, banyak pula yang mengalaminya di usia 40 tahun dan hal itu dinamakan dengan menopause dini sehingga dianggap tidak normal. Kendati ada yang mengalaminya di usia 60 tahun, namun presentasnya amat kecil. Kebanyakan wanita perokok, akan mengalami menopause dengan usia yang beberapa tahun lebih muda.
Seorang wanita berkembang dengan terus memproduksi hormone estrogen dan progesteron yang mengatur menstruasi serta ovulasi. Sedangkan, menopause terjadi ketika ovarium seorang wanita, tidak lagi melepaskan telur setiap bulan sehingga pemberhentian menstruasi pun terjadi.

Para wanita yang mengalami menopause di usia sebelum 40 tahun dinyatakan sebagai menopause dini. Beberapa wanita mengalami hal tersebut karena kerusakan pada indung telur, karena baru saja mengalami operasi, hasil dari genetika, gangguan autoimun, atau prosedur medis.
Ada dua tahap terhadap terjadinya menopause, dan penjelasannya adalah sebagai berikut.
Perimenopause. Biasanya dimulai beberapa tahun sebelum menopause, ketika ovarium memproduksi estrogen secara bertahap mulai mengurang. Perimenopause berlangsung sampai menopause, yaitu titik ketika ovarium berhenti melepaskan telur. Dalam satu sampai dua tahun saat perimenopause, penurunan estrogen akan semakin cepat.
Menopause dini dan pasangannya yaitu Prematur Menopause, sebenarnya adalah dua hal berbeda, tetapi seringkali dianggap sama, yaitu menopause sebelum waktu normalnya. Istilah-istilah ini bergantung pada usia wanita yang mengalaminya, jika menopause terjadi sebelum usia 45, itu dianggap menopause dini, jika menopause terjadi sebelum usia 40 itu dianggap sebagai menopause prematur.3
Bukan hanya bagaimana menghadapi menopause termasuk juga menopause dini dan menopause premature, yang perlu kita tahu, tetapi juga cara – cara yang masih bisa kita lakukan untuk mencegah sebab – sebab terjadinya menopause dini menghampiri kita, para wanita muda.

 

Kondisi yang menyebabkan terjadinya menopause dini atau prematur menopause yaitu ;
*) POF – Kegagalan Ovarium secara Prematur

Sering dikenal dengan kegagalan ovarian prematur. Hal ini merupakan kondisi indung telur yang tidak dapat berfungsi dengan normal. Maksudnya adalah indung telur tidak dapat lagi memproduksi sel telur atau juga hormon – hormon yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi.

Bisa disebabkan karena beberapa hal, pertama adalah terjadinya Autoimun, autoimun merupakan kondisi yang melihat bahwa dirinya adalah penyerang sehingga memproduksi dan mengembangkan antibodi sebagai proteksi dan penghancur sel – sel yang diproduksi oleh dirinya sendiri, penyerangannya termasuk pada ovarium dan menstruasi wanita.
Faktor genetik juga dapat menyebabkan terjadinya POF.
5*) Menopause akibat Pembedahan

Pembedahan yang dilakukan untuk alasan kesehatan yang dialami oleh si penderita akibat endometriosis , polip, atau kanker ovarium. Sehingga penderita harus menjalani histerektomi (pengangkatan rahim, saluran telur, dan bahkan mungkin juga indung telur) atau oopherectomy (pengangkatan ovarium). Pembedahan ini sangat mengerikan karena dilakukannya pemotongan fungsi ovarium dan menjadi penyebab kadar estrogen menurun secara mendadak . Akibatnya, membuat wanita penderita itu mau tidak mau harus menjadi menopause sebelum waktunya.
*) Menopause dikarenakan adanya Terapi Kanker

Menopause dini atau premature menopause juga dapat disebabkan oleh tindakan pengobatan kanker melalui radiasi atau pun kemoterapi. Tindakan medis ini bertujuan membunuh sel – sel kanker tetapi dapat berakibat buruk pada sel – sel yang masih sehat juga ikut terbunuh, dalam hal ini termasuk juga sel-sel pencernaan, sel ovarium, dan sel-sel rambut,  sangat beresiko terbunuh akibat tindakan radiasi maupun kemoterapi yang dijalani oleh si penderita.
*) Infeksi

Menopause dini maupun premature menopause dapat diakibatkan adanya virus atau bakteri jenis tertentu yang menyebabkan terjadinya infeksi juga dapat mmebuat wanita memasuki masa menopause lebih cepat dari seharusnya. Jenis Infeksi seperti gondok dan TBC dapat berpengaruh pada ovarium, yang berpengaruh pada keseimbangan hormon. Meskipun hal ini jarang terjadi.

Penyebab menopause dini dan prematur menopause hampir keseluruhannya dapat dilakukan tindakan preventif, mungkin kecuali genetik. Meskipun tidak pernah menutup kemungkinan, menopause yang diakibatkan faktor genetik pun dapat tercegah. Dengan meningkatkan kekebalan tubuh kita, menjaga keharmonisan sistem tubuh kita yang berawal dari gaya hidup sehat apa saja yang harus dikonsumsi yang dibutuhkan oleh tubuh bukan apa yang diinginkan lidah kita. Membawa kita pada suatu kondisi yang stabil dimana tidak perlu terjadinya autoimun dalam tubuh, tidak perlu terjadinya kanker atau mungkin infeksi yang berdampak buruk pada organ reproduksi kita yang diciptakan Tuhan sebagai wanita.

ketika kondisi tidak seimbang atau harmonis dalam tubuh, memungkinkan tubuh kita mengalami gangguan tubuh mulai dari gangguan kecil yang terus dapat meningkat menjadi gangguan yang serius.

Keharmonisan dapat tercapai jika kita menerapkan pola hidup yang seimbang, dalam hal ini Bangsa China mengenal istilah Yin dan Yang yang harus seimbang dan harmonis. Karena pada dasarnya tubuh kita dapat menyembuhkan dirinya sendiri, jika prosesnya berjalan secara harmonis. Pola asupan makan, pola pemikiran, pola hidup sehari – hari menentukan keseimbangan yang dibutuhkan tubuh kita untuk dapat menjalankan fungsinya secara normal.
Menopause. Menopause adalah titik ketika itu sudah setahun seorang wanita tidak memiliki periode menstruasi. Pada tahap ini, ovarium telah berhenti melepaskan telur dan berhenti menghasilkan sebagian besar estrogen mereka.

penyakit kelamin, menopause

menopause

Postmenopause. Ini adalah tahun-tahun setelah menopause. Selama tahap ini, terdapat risiko kesehatan yang berkaitan dengan hilangnya estrogen seiring dengan meningkatnya usia perempuan.

Semoga dengan beberapa hal mengenai pengertian menopause di atas, Anda mampu mendapatkan informasi yang benar-benar jelas. Kesimpulannya, menopause adalah sesuatu yang normal terjadi dan pasti akan terjadi pada seorang wanita.

yang dicari :

%d bloggers like this: