Penyebab Penyakit Encephalitis/Ensefalitis

Penyebab Penyakit Encephalitis/Ensefalitis

2Ensefalitis adalah reaksi peradangan pada jaringan otak oleh berbagai macam penyebab seperti infeksi virus, bakteri, toksin dan autoimmun. Infeksi virus merupakan yang tersering.
   
Berbagai macam mikroorganisme dapat menimbulkan encephalitis, umpamanya bakteri, ricketsia, mikoplasma, spirochaeta, jamur, protozoa, metazoa, jamur dan virus. Akan tetapi penyebab yang paling sering adalah virus. Yang akan dibicarakan selanjutnya yaitu viral encephalitis. Berikut beberapa virus dari kelas ARBO virus dan Enterovirus yang infeksinya berpotensi menimbulkan radang akut pada jaringan otak yaitu :

* Japanese B encephalitis

* Western equine encephalitis

* Sint louis encephalitis

* Poliomyelitis

* Cixacki virus

* ECHO virus
Penyebab Dari Ensefalitis bisa di klasifikasikan berdasarkan etiologi adalah sebagai berikut:
1*) Ensefalitis bisa menyebar melalui Gondongan yang sering namun bersifat ringan, Campak, selain itu juga bisa melalui infeksi – infeksi Virus seperti:
   
* Kelompok Virus entero; sering pada semua umur, keadannya lebih berat pada neonatus
   
* Kelompok virus herpes
   
* Kelompok virus poks, vaksinia dan variola; jarang tetapi dapat terjadi kerusakan SSP berat
*) Penyebab lain Ensefalitis selain pengaruh dari Infeksi Virus bisa juga dari Infeksi-infeksi nonvirus seperti hal nya sebagai berikut:
  
* Riketsia; komponen ensefalitik dari vaskulitis serebral
   
* Mycoplasma pneumonia; terdapat interval beberapa hari antara gejala tuberkulosis dan bakteri lainnya, sering kali memiliki komponen-komponen ensefallitis
   
2* Bakteri tuberkulosa dan meningitis bakterial lainnya, sering kali memiliki gejala ensefalitik
   
* Spirokaeta; kogenital atau akuisista; leptospirosis
  
* Jamur; penderita dengan gangguan-gangguan imunologis mempunyai risiko khusus; kriptokokosis; histoplasmosis aspergilosis; mukor mikosis; moniliasis; koksidiodomikosis
   
* Protozoa; Plasmodium sp.; Tripanosoma sp.; Naegleria sp.; Acanthamoeba; Toxoplasma gondii.
  
* Metazoa; trikinosis; ekinokokosis; sistiserkosis; skistosomiasis
Sebagai mana disebutkan diatas penyebab terbanyak ensefalitis yaitu oleh karena virus, maka dalam literatur juga yang banyak dibahas yaitu mengenai infeksi virus ensefalitis. Di indonesia sendiri penyebab terbanyak kejadian ensefalitis yaitu virus japanese B ensefalitis.

You may also like...

%d bloggers like this: