Penyebab Stretch Mark Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Strech Mark atau Guratan Dan cara Menanganinya

 

penyakit kulit, stretch mark atau guratan

stretch mark

Stretch mark atau guratan ini merupakan timbulnya garis-garis berwarna merah muda pada kulit. Lama kelamaan, garis merah ini akan berubah menjadi garis berwarna putih. Stretch mark muncul karena kulit mengalami peregangan dan elastisitas kulit tidak memadai menangani peregangan yang terjadi. Akibatnya, kulit seperti pecah dan timbul garis-garis atau guratan tersebut.

Pada sebagian besar wanita hamil, stretch mark tidak dapat dielakkan. Biasanya muncul saat usia kehamilan 4-5 bulan. Saat peregangan terjadi, kemunculan stretch mark atau guratan ini biasanya disertai rasa gatal. Jika digaruk secara berlebihan, dapat menyebabkan luka pada kulit. Tetapi, kemunculan stretch mark tergantung keelastisan kulit tiap orang. Jika seseorang memiliki kulit yang elastis, kemungkinan saat hamil dan setelahnya tidak akan timbul stretchmark. Biasanya, ini bersifat genetik. Jika ibu Anda tidak mengalami stretch mark, mungkin Anda dapat terhindar juga dari masalah ini.

Ini merupakan hal yang wajar, karena wanita hamil mengalami pembesaran pada perut sebagai tanda berkembangnya janin di dalam rahim. Wanita hamil juga biasa mengalami kenaikan badan yang cukup signifikan. Rata-rata, minimal kenaikan berat badan 10 kg terjadi pada wanita hamil. Sehingga kulit meregang tidak hanya pada bagian perut, juga pada lengan, payudara, pinggul, paha, dan bokong. Bagian tubuh inilah yang menjadi tempat favorit munculnya stretch mark. Stretch mark juga dapat terjadi pada seseorang yang sebelumnya mengalami kegemukan dan berubah menjadi kurus.

Pada wanita hamil yang telah melahirkan, garis-garis akan memudar setelah bayi lahir, namun umumnya tidak dapat hilang 100% karena sudah terjadi robekan di bagian jaringan bawah kulit. Itulah, sebabnya kehadiran stretch mark menjadi sesuatu yang menakutkan bagi wanita hamil.
Kehamilan adalah faktor utama yang mengembangkan stretch mark pada kulit (terutama di perut). Banyak wanita hamil risih dengan timbulnya stretch mark selama kehamilan. Satu faktor penting yang menyebabkan stretch mark adalah peregangan kulit. Bahkan faktor hormonal berkontribusi pada pembentukan garis-garis putih halus pada kulit.

Sementara pada laki-laki banyak yang pergi ke gym untuk membentuk tubuh mereka. Tapi mereka gagal untuk menyadari bahwa stretch mark akan  muncul saat otot mereka tumbuh secara bertahap, karena latihan sehari-hari yang mengarah pada peregangan kulit.

Kondisi kondisi kulit dapat memicu pembentukan dan pengembangan stretch mark. Kulit kering sangat kurang elastis dan berisi air lebih sedikit. Karena ini orang-orang dengan kulit kering lebih rentan untuk terkena stretch mark daripada orang yang memiliki kulit berminyak.

Selain itu, penyebab lainnya adalah kekurangan vitamin A, C, E, serta obesitas atau kenaikan berat badan secara berlebihan dalam waktu singkat.

 

Penyebab Strectch Mark
Nah,ini dia penjelasan dari dr. Amaranila Lalita, Sp. KK, seorang dermatologist dan venerologist yang pahan akan seluk beluk dari stretch mark seperti yang diungkapkannya melalui situs Wolipop.

 

Jadi, apa saja sebenarnya yang menyebabkan munculnya stretch mark yang mengganggu kecantikan kulit anda? Ini dia beberapa jawabannya,

 

   
-Melahirkan

Ya, setelah melahirkan, menurut dr. Armanila, tubuh anda yang mengalami perubahan berat badan yang fluktuatif maka akan menyebabkan peregangan yang berlebihan untuk jangka waktu yang lama. Apalagi, selain kenaikan berat badan, selama masa kehamilan juga terjadi perubahan hormone yang memicu timbulnya stretch mark pada kulit anda.

 

   
-Obesitas

Kebiasaan anda mengkonsumsi makanan tinggi kalori yang menyebabkan kenaikan berat badan juga menjadi salah satu penyebab munculnya stretch mark. Karena makanan tinggi kalori itu akan diubah menjadi subtract hormone oleh tubuh anda, sehingga badan anda akan memiliki hormone yang berlebih. Apalagi ditambah anda juga kurang bergerak.

 

   
-Terlalu banyak mengkonsumsi rokok dan alcohol

Rokok dan alcohol juga menjadi salah satu penyebab munculnya guratan-guratan halus pada tubuh anda. Biasanya, stretch mark akan muncul di beberapa bagian tubuh terutama pada perut, payudara, lengan atas, paha dan bokong.

 

   
-Pakaian yang terlalu ketat

“Pakaian yang terlalu ketat dapat membuat kulit menjadi trauma, apalagi ketika kulit kering,” ungkap dr. Amaranila. Ya, seperti yang diungkapkan oleh dokter Amaranila, sebaiknya pilihlah busana yang pas bagi anda, yakni tidak terlalu ketat namun juga tidak terlalu longgar.

 
Dari beberapa penyebab timbulnya stretch mark, Anda tak perlu khawatir bahwa stretch mark tidak dapat dihilangkan. Ada lotion khusus untuk menyembuhkan beberapa stretch mark. Namun jika Anda sedang mencari cara alami untuk menyingkirkan stretch mark, ikuti beberapa pengobatan rumah sederhana berikut ini.
Pertama, dalam makanan sehat coba sertakan protein lebih banyak dan vitamin C dan E yang kaya makanan dalam diet Anda. Makanan ini dapat memelihara tubuh Anda dari dalam ke luar dan memberi Anda kulit mulus, karena mendorong pertumbuhan jaringan baru dan menyembuhkan jaringan yang rusak dari kulit.
Kedua, makanan yang mengandung zinc, khususnya, kacang-kacangan dan biji-bijian, mencegah perkembangan stretch mark. Vitamin K yang kaya dalam produk susu, sayuran berdaun hijau dan tomat, mempercepat penyembuhan stretch mark. Aloe Vera Aloe vera memiliki enzim yang mempromosikan penghapusan jaringan yang rusak sambil menjaga kulit sehat dan terhidrasi.
Ketiga, pijat kulit yang terkena dengan ekstrak lidah buaya untuk nada kulit dan menghilangkan stretch mark. Minyak Zaitun Minyak zaitun dikenal untuk manfaat obat dan merupakan rumah solusi yang paling direkomendasikan untuk pengobatan stretch mark. Ketika diterapkan tiga kali sehari ke daerah yang terkena, minyak ini menginduksi pertumbuhan jaringan kulit baru. Hal ini pada gilirannya mengurangi peregangan menandai secara bertahap karena mereka memudar.
Akhirnya, terakhir, dalah sangat penting untuk menjaga kulit Anda dari terhidrasi dan kelembaban. Jika Anda rentan terhadap stretch mark, pastikan Anda menggunakan pelembab setelah Anda mandi setiap hari. Juga makan makanan bergizi dengan banyak antioksidan seperti vitamin A dan C untuk membantu melindungi kulit Anda. Selain itu, minum banyak air untuk menjaga diri dehidrasi karena cara ini bisa membuang racun dari tubuh.

 

 

penyakit kulit, stretch mark

stretch mark

Mencegah Stretch Mark

Untuk mencegah atau meminimalkan timbulnya stretch mark, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

   
-Tingkatkan elastisitas kulit dari dalam tubuh
   
Caranya dengan mengkonsumsi vitamin dan mineral yang mampu membuat kulit menjadi elastis. Atau, dengan cara alami, Anda dapat memperbanyak konsumsi sayur, buah dan minum air.
   

-Pertahankan kulit agar tetap lembab
   

Oleskan lotion pada kulit. Atau Anda dapat menggunakan krim anti stretch mark yang khusus untuk wanita hamil. Krim ini biasanya lebih lembap dibandingkan krim biasa. Penggunaan krim dapat dimulai sejak dini, sejak kandungan masih kecil dan belum terjadi perenggangan.
   

-Perawatan setelah kelahiran
   

Sehabis melahirkan, Anda dapat tetap menggunakan krim tersebut atau menggunakan minyak zaitun atau minyak cendana yang juga dapat melembapkan dan mengurangi bekas stretch mark. Hanya saja, jika telah timbul, biasanya agak sulit untuk hilang sama sekali.

 

%d bloggers like this: