Perawatan Pada Pankreatitis

Perawatan Pada Pankreatitis

perawatan pada pankreatitisDiam-diam tapi rajin, pankreas terus bekerja dalam membantu pencernaan dan metabolisme makanan. Ini organ berbentuk daun terletak di antara lambung dan usus kecil, menghasilkan beberapa enzim yang paling penting yang diperlukan untuk mencerna makanan kita. Ini memiliki pulau-pulau kecil dari sel-sel yang memproduksi cairan pencernaan ini yang dituangkan ke dalam usus kecil pada interval tepat waktu. Radang pankreas disebut sebagai pankreatitis. Hal ini dapat menjadi penyakit akut atau kronis.

Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas, organ yang mengeluarkan enzim pencernaan dalam saluran pencernaan, dan sekaligus mensintesis dan mensekresi insulin dan glukagon. Pankreatitis dapat disebabkan oleh batu empedu yang menyumbat saluran pankreas, konsumsi alkohol yang kronis, obat-obatan, trauma, infeksi, tumor, dan kelainan genetik.

Pankreatitis adalah suatu peradangan pada pankreas. Pankreas adalah suatu kelenjar yang besar dibelakang perut dan dekat pada usus duabelasjari (duodenum). Duodenum adalah bagian atas dari usus kecil. Pankreas mengeluarkan enzim-enzim pencernaan kedalam usus kecil melalui suatu pipa yang disebut saluran pankreas (pancreatic duct). Enzim-enzim ini membantu mencerna lemak-lemak, protein-protein, dan karbohidrat-karbohidrat dalam makanan. Pankreas juga mengeluarkan hormon-hormon insulin dan glukagon kedalam aliran darah. Hormon-hormon ini membantu tubuh menggunakan glukosa yang diambil dari makanan sebagai energi.

Secara normal, enzim-enzim pencernaan tidak menjadi aktif sampai mereka mencapai usus kecil, dimana mereka mulai mencerna makanan. Namun jika enzim-enzim ini menjadi aktif didalam pankreas, mereka mulai “mencerna” pankreas itu sendiri.

Pankreatitis adalah kondisi medis yang ditandai dengan peradangan pankreas, yang menyebabkan kerusakan kelenjar yang menetap. Pankreas adalah suatu kelenjar yang terlatak di belakang lambung. Pankreatitis terjadi sebagai hasil dari kebocoran enzim pencernaan ke dalam pankreas. Enzim pencernaan membantu memecahkan makromolekul menjadi molekul-molekul kecil untuk memfasilitasi penyerapan makanan oleh tubuh. Ketika terjadi kebocoran enzim-enzim ini ke dalam pankreas, hal ini malah menyebabkan mencerna pankreas itu sendiri bukan membantu pencernaan makanan, yang karenanya menyebabkan peradangan pankreas. Ketika kondisi ini berlangsung lama, pankreas gagal menghasilkan cukup enzim pencernaan untuk pencernaan makanan secara adekuat.

Pankreas adalah kelenjar besar yang terletak didalam perut dan didekat duodenum atau usus duabelas-jari. Pankreas mengeluarkan cairan pencernaan, atau enzim, ke dalam duodenum melalui tabung yang disebut saluran pankreas. Enzim pankreas bergabung dengan empedu untuk mencerna makanan. Pankreas juga melepaskan hormon insulin dan glukagon ke dalam aliran darah. Hormon-hormon ini membantu tubuh dalam mengatur kadar glukosa yang diambil dari makanan untuk energi.

Merawat Pankreatitis Akut

Perawatan tergantung dari kerasnya serangan. Jika tidak terjadi komplikasi-komplikasi ginjal atau paru-paru, pankreatitis akut umumnya membaik sendiri. Perawatan, pada umumnya, direncanakan untuk menyokong fungsi-fungsi tubuh yang vital (penting) dan mencegah komplikasi-komplikasi. Diperlukan masuk rumah sakit sehingga cairan-cairan dapat diganti melalui urat nadi (intravenously).

perawatan pada pankreatitisJika terjadi pancreatic pseudocysts dan dipertimbangkan cukup besar untuk mengganggu penyembuhan pankreas, dokter mungkin mengalirkan atau menghilangkan mereka melalui operasi.

Kecuali jika saluran pankreas atau saluran empedu terhalang oleh batu-batu empedu, suatu serangan akut umumnya berlangsung hanya beberapa hari saja. Pada kasus-kasus berat, seseorang mungkin memerlukan pemberian makan melalui urat nadi (intravenous feeding) untuk 3 sampai 6 minggu sewaktu pankreas pelan-pelan sembuh. Proses ini disebut total parenteral nutrition. Bagaimanapun, untuk kasus-kasus ringan penyakit ini, total parenteral nutrition ini tidak bermanfaat.

Sebelum meniggalkan rumah sakit, seseorang akan dinasehati untuk tidak meminum alkohol dan tidak memakan makanan dengan porsi besar. Setelah semua tanda-tanda pankreatitis akut hilang, dokter akan mencoba menentukan penyebabnya dalam rangka mencegah serangan-serangan di masa depan. Pada beberapa orang-orang, penyebab serangan jelas, namun pada yang lain-lainnya, tes-tes yang lebih banyak diperlukan.

You may also like...

%d bloggers like this: