Perawatan Penyakit Hemofilia

Perawatan Penyakit Hemofilia

perawatan penyakit hemofiliaHemofilia berasal dari bahasa Yunani Kuno, yang terdiri dari dua kata yaitu haima yang berarti darah dan philia yang berarti cinta atau kasih sayang.

Darah pada seorang penderita hemofilia tidak dapat membeku dengan sendirinya secara normal. Proses pembekuan darah pada seorang penderita hemofilia tidak secepat dan sebanyak orang lain yang normal. Ia akan lebih banyak membutuhkan waktu untuk proses pembekuan darahnya.

Hemofilia adalah penyakit kelainan pada darah akibat gangguan pembeku darah. Penyebab penyakit hemofilia karena jumlah pembeku darah jenis tertentu kurang dari jumlah normal. Ada yang menyebutkan hemofilia adalah penyakit turunan, akan tetapi pendapat ini tidak selamanya benar karena hemofilia dapat menyerang siapa saja. Pada umumnya penyakit ini terjadi pada pria dan jarang terjadi pada wanita.

Dalam darah terdapat sel pembeku yang berperan menghentikan terjadinya pendarahan. Jika terjadi pendarahan di sekitar tubuh, sel tersebut akan menyempit perlahan dan bereaksi menghentikan keluarnya darah. Sel ini bekerja berurutan dan saling mengisi satu sama lain hingga darah berhenti. Bila pada salah satu sel yang berfungsi menghentikan darah ini tidak bekerja dengan baik, maka pembekuan darah tidak akan berjalan
sempurna.

Hemofilia (Hemophilia) adalah suatu penyakit keturunan, yang artinya ia dapat diturunkan dari ibu kepada anaknya pada saat anak tersebut dilahirkan.
Darah pada seorang penderita hemofilia tidak dapat membeku dengan sendirinya secara normal. Proses pembekuan darah pada penderita hemofilia tidak secepat dan sebanyak orang lain yang normal. Ia akan lebih banyak membutuhkan waktu untuk proses pembekuan darahnya.

Hemofilia terbagi atas dua jenis, yaitu: Hemofilia A dan B. Hemofilia A terjadi pada sekitar 1 dari setiap 5000 kelahiran hidup bayi laki-laki. Hemofilia A dan B terjadi hamper pada semua kelompok ras. Hemophilia A terjadi sekitar empat kali lebih umum daripada hemophilia jenis B. Hemofilia B terjadi pada sekitar 1 dari 20.000-34.000 kelahiran hidup bayi laki-laki.
*) RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation)

RICE merupakan perawatan yang sebagian besar profesional kesehatan sarankan untuk pendarahan sendi. prosedur ini juga mengurangi pembengkakan dan kerusakan jaringan bila digunakan bersama dengan konsentrat faktor pembekuan.
*) Penatalaksanaan konsentrat faktor pembekuan

Obat ini disuntikkan ke pembuluh darah, biasanya di bagian belakang tangan atau lekukan siku. Perawatan awal biasanya diberikan oleh dokter atau perawat di rumah sakit atau klinik. Kebanyakan orang dewasa dapat belajar bagaimana melakukan ini sendiri, yang berarti mereka dapat menghentikan pendarahan cepat dan efektif dimanapun mereka berada.

Jika pasien adalah anak-anak, orang tua/wali atau pengasuh dapat belajar bagaimana memberikan pengobatan. Sebagian besar pasien anak-anak dapat menerima sebagian besar pengobatan mereka di rumah.

Jika seorang pasien kesulitan untuk mengakses vena yang cocok, atau jika perawatan intensif diperlukan, port-a-cath, atau kateter eksternal disebut Broviac atau garis Hickman bisa dimasukkan melalui pembedahan ke pembuluh darah, yang memungkinkan terapi penggantian faktor dapat diberikan, dan darah bisa diambil dengan mudah untuk tes darurat. Penggunaan kateter tersebut bisa dipersulit oleh infeksi dan penyumbatan dan harus dilakukan dengan hati-hati.
*) Merawat pendarahan

Episode perdarahan merupakan komplikasi yang tak terelakkan untuk pasien dengan hemofilia A dan B, bahkan untuk pasien dengan bentuk ringan. Yang sering menjadi masalah mendasar adalah pendarahan yang berkepanjangan, bukan pendarahan yang cepat, sehingga sering tidak menjadi darurat medis.

Jika seseorang dengan hemofilia mengalami salah satu dari tanda berikut ia harus segera mencari bantuan medis:
 
* Ada cedera pada leher, mulut, lidah, wajah atau mata.perawatan penyakit hemofilia
   
* Ada pukulan telak di kepala.
   
* Perdarahan berat atau persisten.
   
* Ada rasa sakit yang sangat atau pembengkakan di bagian manapun dari tubuh.
   
*Sebuah luka terbuka yang memerlukan jahitan.

Sebagian besar bentuk perdarahan lainnya, seperti pendarahan sendi / otot, cedera kecil dan luka yang tidak memerlukan jahitan, serta mimisan umumnya dirawat di rumah, tetapi pasien harus selalu berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan bila ragu. Setiap pengobatan akan lebih efektif jika dimulai sejak dini.

yang dicari :

%d bloggers like this: