Tanda Myocarditis

Tanda Myocarditis

tanda myocarditisMyocardium lapisan medial dinding jantung yang terdiri atas jaringan otot jantung yang sangat khusus. Myocarditis adalah peradangan pada otot jantung atau miokardium. pada umumnya disebabkan oleh penyakit-penyakit infeksi, tetapi dapat sebagai akibat reaksi alergi terhadap obat-obatan dan efek toxin bahan-bahan kimia dan radiasi. Myocarditis adalah peradangan dinding otot jantung yang disebabkan oleh infeksi atau penyebab lain sampai yang tidak diketahui (idiopatik). Miokarditis adalah inflamasi fokal atau menyebar dari otot jantung (miokardium). Miokarditis adalah penyakit inflamasi pada miokard yang bisa disebabkan karena infeksi akut atau respon autoimun pasca infeksi viral.

Pada sebagian besar, miokarditis tidak dapat diduga karena disfungsi jantung bersifat subklinis, asimtomatik dan sembuh sendiri (self limited) oleh karena miokarditis asimtomatik, maka data epidemiologi yang ada berasal dari penelitian pasca mortem. Pada pemeriksaan pasca mortem miokarditis ditemukan sekitar 1-9%, sehingga diduga miokarditis adalah penyebab utama kematian.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa myocarditis adalah peradangan/inflamasi otot jantung oleh berbagai penyebab terutama agen-agen infeksi yang dapat berakibat fatal bagi si penderita.

Dalam kasus myocarditis yang parah, aksi pemompaan jantung akan melemah dan jantung tidak akan mampu memasok seluruh tubuh dengan darah yang cukup. Hal tersebut dapat mengarah pada perkembangan serangan jantung atau stroke, dan dapat membentuk gumpalan dalam jantung.
*) Tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan penyakit, tanda dan gejala myocarditis dapat bervariasi. Berikut ini adalah termasuk dalam tanda paling umum:
* Retensi cairan dengan pembengkakan pergelangan kaki dan kaki

* Nyeri dada yang mungkin terasa seperti serangan jantung atau anginatanda myocarditis

* Sesak napas pada saat istirahat atau selama aktivitas fisik

* Kelelahan

* Denyut jantung yang cepat atau abnormal (aritmia)

*) Sedangkan tanda yang kurang umum terjadi, antara lain:
* Pingsan atau tiba-tiba kehilangan kesadaran

* Gejala lainnya yang terkait dengan infeksi virus seperti demam, nyeri sendi, diare, sakit kepala, sakit tenggorokan, atau nyeri tubuh.

%d bloggers like this: