Tips Merawat Ginjal Dan Pencegahan Agar terhindar Dari Batu ginjal

Tips Merawat Ginjal Dan Pencegahan Agar Terhindar Dari Penyakit Batu Ginjal

   
Tips Merawat Ginjal

penyakit ginjal, batu ginjal

batu ginjal

 
Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat ginjal:
1.    Banyak minum air putih, minimal 8 gelas setiap hari.

 

2.    Bagi penderita batu ginjal,

   
-Minumlah air yang tidak berkapur seperti air mineral dalam kemasan atau jika berasal dari sumur rumah maka harus disaring dan diendapkan terlebih dahulu untuk mengurangi kandungan kapur.
   

-Kurangi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti susu.
   

-Minumlah air perasan jeruk nipis atau lemon bagi yang tidak mempunyai sakit mag/lambung. Tetapi bagi yang memiliki sakit mag, maka bisa memakan jeruk manis (hanya saja kadar sitratnya lebih rendah) dan juga air rebusan daun tempuyung, kumis kucing, keji beling, dan meniran.

 

3.    Bagi penderita gagal ginjal,

   
-Gunakan wadah dari tanah liat untuk merebus air karena tidak mengandung logam berbahaya.
   

-Kurangi makanan yang banyak mengandung protein agar memperingan kerja ginjal.
   

-Bagi penderita gagal ginjal, rutinlah minum air rebusan daun sukun (Artocarpus altilis).
4.   Jika meminum jamu (seperti kunyit, temulawak, dsb) baik yang berupa serbuk instan yang diseduh atau jamu gendongan yang diperas, maka jangan ikut diminum endapannya karena tidak baik bagi ginjal.
5.   Jangan suka mengkonsumsi obat-obatan kimia, alkohol, minuman bersoda, maupun minuman instan berenergi karena mempunyai efek yang kurang baik bagi ginjal.

 
Pencegahan Agar Terhindar Dari Penyakit Batu Ginjal

 

penyakit batu ginjal, merawat ginjal

batu ginjal

-Minumlah air yang cukup. Minumlah setidaknya 2 liter air sehari atau satu gelas setiap jamnya (lebih banyak bila cuaca panas atau Anda banyak beraktivitas fisik). Dengan meminum banyak air, urin Anda bertambah sehingga mengurangi konsentrasi garam dan mineral.
   

-Minumlah sepanjang hari. Bila Anda minum hanya di pagi hari, air tersebut akan dibuang melalui kencing dalam dua jam berikutnya sehingga konsentrasi garam dan mineral di siang hari meningkat. Anda harus membiasakan minum lebih sering.
   

-Pilih makanan yang kaya vitamin A. Asupan vitamin A sebesar 5000 IU per hari (setara 60 gram wortel) menyehatkan fungsi sistem urin dan mencegah pembentukan batu ginjal. Makanan yang kaya vitamin A adalah brokoli, melon, ikan, dan hati. Namun, berhati-hatilah jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan bervitamin A dari sumber hewani, karena kelebihan vitamin A justru menyebabkan masalah kesehatan lain.
   

-Kurangi garam dalam makanan. Dengan mengurangi garam, Anda mengurangi kadar kalsium dalam urin.
  

-Jangan berlebihan mengkonsumsi susu dan produk susu (keju, yogurt, es krim, dll) berkalsium tinggi. Kelebihan kalsium akan dibuang oleh tubuh melalui urin sehingga meningkatkan risiko batu ginjal.
   

-Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium oksalat tinggi seperti cokelat, kacang, bayam, anggur, dll.
   

-Jangan berlebihan mengkonsumsi vitamin C dan D karena dapat mempermudah pengkristalan kalsium oksalat. Konsumsi 3 atau 4 gram vitamin C dan 400 IU vitamin D setiap hari sudah memenuhi kebutuhan sebagian besar orang.
   

-Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan vitamin B6 karena dapat mengurangi kadar kalsium oksalat dalam air seni.
   

-Kembangkan pola hidup aktif. Kalsium adalah unsur pembentuk tulang. Dengan hidup aktif, Anda membantu pembentukan kalsium menjadi tulang. Sebaliknya, gaya hidup kurang gerak mendukung kalsium untuk beredar dalam darah dan berisiko menjadi kristal.
   

-Kurangi peredaran asam urat. Semua hal yang dapat mencegah asam urat juga mencegah pembentukan batu ginjal.

 

You may also like...

%d bloggers like this: