Virus Penyebab Meningitis Dan Transmisinya

Virus Penyebab Meningitis Dan Transmisinya

6Radang selaput otak atau meningitis adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat infeksi pada lapisan otak atau urat syaraf tulang belakang. Penyebabnya yaitu adanya virus, bakteri, atau jamur yang menyebar ke aliran darah kemudian sampai ke dalam cairan otak. Penyakit ini tergolong penyakit yang berbahaya karena apabila dibiarkan bisa terjadi pembengkakan otak, cacat permanen, koma hingga dapat mengakibatkan kematian. Baik orang dewasa maupun anak kecil dapat terserang penyakit ini.
*) Virus Penyebab Meningitis

Virus yang dapat menyebabkan meningitis meliputi:

   
* virus herpes simpleks-ini dapat menyebabkan genital herpes dan luka dingin
  

* enteroviruses-virus flu perut – ini telah menyebabkan polio di masa lalu juga bertanggung jawab atas
  

* Gondok virus
  

* Echovirus
  

* Coxsackie virus7
  

* Virus herpes zoster
  

* Campak virus
  

* Arbovirus
  

* Influenza virus
  

* HIV
*) Transmisi infeksi
5Meningococcal bakteri yang menyebabkan meningitis tersebar biasanya melalui kontak dekat yang berkepanjangan. Penyebaran dimungkinkan oleh berada dalam kedekatan dari orang yang terinfeksi yang lewat pada bakteri bersin, batuk, mencium, berbagi barang-barang pribadi seperti, sikat gigi, sendok garpu, peralatan dll.

Bakteri pneumokokus juga tersebar oleh kontak dekat dengan orang yang terinfeksi dan batuk, bersin dll. Namun, dalam kebanyakan kasus mereka hanya menyebabkan infeksi ringan, seperti infeksi telinga tengah (otitis media). Orang-orang dengan sistem kekebalan miskin yang dapat mengembangkan infeksi lebih parah seperti meningitis.
Meningitis virus penyebab

Ada beberapa virus yang dapat menyebabkan virus meningitis. Vaksinasi terhadap banyak virus ini telah menyebabkan penurunan kejadian beberapa kasus virus meningitis. Untuk contoh campak, gondok dan Rubela (MMR) vaksin menyediakan anak dengan kekebalan terhadap gondok, yang dulunya merupakan penyebab utama dari virus meningitis pada anak-anak.
*) Transmisi HIV

Infeksi virus meningitis dapat menyebar oleh kontak dekat dengan orang terinfeksi dan yang terkena ketika orang bersin dan batuk.

Mencuci tangan setelah mereka terkontaminasi dengan virus-misalnya, setelah menyentuh permukaan atau objek yang memiliki virus di atasnya dapat mencegah penyebaran.

%d bloggers like this: