Wortel Untuk Penyakit Rabun Senja

Wortel Untuk Penyakit Rabun Senja

5Wortel mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Namun, hal penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan buah wortel, karena banyak sekali jenis wortel. Pilihlah yang bermutu baik yaitu yang berwarna kuning tua hingga orange, jangan ada bagian yang busuk dan layu. Pilihlah wortel yang renyah, terasa manis, serta tidak banyak mengandung serat, wortel yang masih segar (baru atau sesaat setelah di petik).

Wortel banyak mengandung betakaroten, rata-rata sejumlah 12000 IU per 100 gram buah. Jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh setiap hari yaitu sekitar 15000 – 25000 IU.

Betakaroten merupakan bahan anti oksidan yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker dan menunda proses penuaan (terutaman timbulnya keriput pada kulit). Selain itu Betakaroten yang nanti dalam hati diubah menjadi vitamin A, bermanfaat untuk mencegah penyakit rabun senja, mencegah penyakit xerophthalmia (kekeringan pada mata), merangsang pertumbuhan tubuh, memperbaiki kesuburuan, meningkatkan imunitas dan lain-lain.
Di dalam wortel juga mengandung pectin, jenis serat yang larut dalam air. Serat sejenis itu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Selain itu, wortel juga mengandung serat yang tidak larut air. serat tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan fungsi pencernaan seperti sembelit dan kanker usus.

Wortel mentah atau yang dimasak terlebih dahulu merupakan sumber kalium dan vitamin C. kandungan kalium dalam wortel dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin C nya berkhasiat sebagai anti oksidan. Yakni, mencegah timbulnya radikal bebas (sebagai akibat oksidasi dari kolesterol LDL) sebagai salah satu penyebab timbulnya penyakit degeneratif seperti hypertensi, strok dan gagal jantung.

1Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, wortel sebaiknya di jus. satu atau dua buah wortel ukuran sedang dapat di jus dengan segelas air dan diminum setiap pagi. Jus dapat disiapkan dengan diblender dan segera diminum karena zat aktif penting dalam jus akan hilang dalam waktu 20 menit setelah proses blending. Dengan cara itu, kesehatan kulit akan tetap terjaga. Kulit tampak halus dan tidak mudah terkena jerawat. Untuk lebih memaksimalkan khasiatnya, jus wortel tersebut dapat dikombinasikan dengan beberapa sayuran (mentimun, seledri) atau buah-buahan (apel, tomat).

Wortel dapat diolah menjadi sayuran yang sangat nikmat. Cara mengkonsumsinya juga beragam , ada yang dibuat jus, diolah menjadi masakan, dimakan mentah begitu saja, atau juga cara yang terbaik untuk mengkonsumsinya adalah hanya dengan merebusnya saja. Ada yang memanfaatkan wortel untuk mengurangi rasa amis. Tingginya kadar vitamin A juga berfungsi mengangkat aroma amis pada benda (ikan, ayam, daging-red) yang sedang Anda olah.
Wortel banyak mengandung beta karoten. Warna orange tua  menandakan kandungan beta karoten yang tinggi, warna wortel makin orange maka semakin tinggi kandungan beta karotennya. Beta karoten dapat mencegah dan mengatasi kanker, hipetensi (darah tinggi), menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Beta Karotennya mempunyai manfaat sebagai anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Selain itu Beta Karoten dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi. Beta karoten yang terdapat pada wortel bisa menimbulkan warna kekuningan pada kulit tubuh manusia apabila terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Oleh karena itu jangan mengkonsumsi wortel terlalu berlebihan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita.

Daun wortel mengandung porphyrins. Zat ini bermanfaat dapat merangsang kelenjar pituary dan meningkatkan hormon seks. Pada buah mengandung bisabolene, tiglic acid dan geraniol. Biji wortel liar mengandung flavonoid, minyak menguap termasuk asarone, carotol, pinene, dan limonene.
Kandungan wortel sebanyak 250 gr (3 batang wortel ukuran besar) atau secangkir sari wortel (150 ml air perasan wortel / ekstrak wortel) mengandung beberapa unsur penting yang diperlukan oleh tubuh antara lain sebagai berikut: Vitamin A sebanyak 34, 317, 40 mg. Beta karoten 16,678 mg. Vitamin C 11,35 mg. Folat 17,08 mg. Vitamin K 16,10 mg. Kalori  52,46 kalori. Protein 1,26 gram. Air 167,10 gr. Mineral pada wortel adalah fosfor, kalium dan atrium yang cukup tinggi. Dengan mengetahui manfaat ini Anda dan keluarga bisa lebih menyukai wortel.
Sayuran warna oranye ini memilki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, yaitu sebesar 12000 Sl. Wortel juga memiliki banyak kandungan zat lain di dalamnya, antara lain kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan vitamin C.

1Wortel disebut-sebut sebagai sayuran yang baik untuk mata. Kandungan karoten dan vitamin A mampu membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah.
Peneliti Kimia Farmasi Universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr Nurfina Aznam SU Apt mengungkapkan, wortel banyak mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Wortel yang mengandung kalsium, fosfor, dan kalium dan terkenal sebagai sayuran segar itu banyak berkhasiat bagi kesehatan. Khasiat wortel dan beberapa penyakit yang bisa disembuhkan berdasarkan sejumlah literatur antara lain:

Mengatasi rabun senja:

Caranya: sediakan 2 batang wortel, dicuci, lalu diparut dan direbus dengan 2 sendok air matang. Kemudian ramuan tersebut diperas dan saring. Beri madu supaya lebih enak. Ramuan diminum, lakukan 3 kali sehari.

%d bloggers like this: